Mengapa Kita Bisa Kesemutan?

 Mengapa Kita Bisa Mengalami Kesemutan?
Ilustrasi/halodoc.com
Dalam istilah medis, kesemutan disebut parestesi atau parestesia, yang berarti sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dibangkitkan oleh perangsangan khusus dari luar. Sebenarnya, makna parestesi lebih luas dari kesemutan. Rasa dingin atau panas setempat, atau rasa dirambati sesuatu, juga masuk dalam kategori parestesia.

Parestesia timbul jika terjadi iritasi pada serabut saraf. Serabut-serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan dikenal sebagai serabut saraf sensorik. Tidak hanya kesemutan, saraf sensorik juga menyampaikan sensasi lain seperti panas, dingin, rabaan, nyeri, tekanan, getaran, dan lainnya.

Rangsangan yang terjadi pada kulit akan diterima oleh reseptor yang terletak di bawah permukaan kulit, untuk kemudian diteruskan ke bagian otak yang disebut thalamus yang berperan penting dalam memproses informasi sensorik.

Selanjutnya, informasi itu akan diteruskan ke pusat sensorik di otak besar, di daerah yang disebut korteks sensorik. Dari situlah kemudian sensasi kesemutan muncul, dan kita merasakannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2829820937194812496

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item