Bagaimana Ular Mengenali Keadaan Sekelilingnya?

 Bagaimana Ular Mengenali Keadaan Sekelilingnya?
Ilustrasi/pngline.com
Kita pasti sudah biasa menyaksikan ular menjulur-julurkan lidahnya yang bercabang. Kebiasaan itu bukannya tanpa alasan. Ular memang butuh menjulur-julurkan lidahnya seperti itu, karena dengan cara itulah ia mendeteksi, mencium, atau merasakan keadaan di sekelilingnya.

Lidah bagi ular berfungsi sebagai indra yang mengumpulkan partikel-partikel yang melayang di udara.

Partikel-partikel yang ditangkap lidah itu kemudian ditempelkan pada suatu lubang khusus yang terdapat di langit-langit mulut ular, yang disebut organ Jacobson’s.

Kemudian, organ itu akan memproses dan menerjemahkan partikel-partikel itu, yang hasilnya akan dikirimkan melalui sinyal listrik ke otak ular. Dengan cara itu, ular dapat mengetahui keadaan sekelilingnya.

Bagaimana Ular Boa Menemukan Mangsa?

Berbeda dengan ular lainnya, ular boa memiliki kemampuan spesial, yaitu organ sensitif yang mampu mendeteksi panas tubuh mangsanya. Organ yang sensitif terhadap temperatur itu terletak di antara mata dan nostrilnya, dan terdapat di setiap sisi kepalanya.

Dengan adanya organ spesial itu, ular boa dapat mengamati calon mangsanya dengan seksama, kemudian melancarkan serangan mematikan, meski dalam keadaan gelap gulita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Hewan Darat 3045029156330477621

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item