Bagaimana Jaringan Pembentuk Struktur Tubuh?

 Bagaimana Jaringan Pembentuk Struktur Tubuh?
Ilustrasi/biologi.co.id
Jaringan pada struktur tubuh manusia terdiri dari jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat.

Jaringan epitel adalah kumpulan sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama, dan merupakan jaringan yang berfungsi melapisi permukaan organ tubuh, baik permukaan tubuh luar maupun bagian dalam.

Jaringan otot (maskulus) adalah jaringan yang terdiri dari otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Otot polos (otot invulter/tak sadar) berada di area limpa, pembuluh darah, saluran pernapasan, dan dinding saluran pencernaan. Jaringan otot polos berfungsi untuk gerak peristaltik dan mengontrol lebar diameter pembuluh darah serta pupil mata.

Otot lurik (otot volunter/sadar) menempel pada rangka tubuh, dan berfungsi untuk melakukan gerakan tubuh. Sedangkan otot jantung (otot tak sadar) berada di area mikardium atau dinding jantung. Fungsinya untuk melakukan kontraksi jantung (sistole dan diastole).

Jaringan saraf berada di area otak, sumsum tulang belakang, dan ganglion. Fungsinya untuk menghantarkan impuls (konduktivitas). Sel-sel yang menyusun jaringan saraf disebut sel neuron. Sedangkan bagian-bagian yang menyusun neuron adalah dendrit, badan sel saraf, selubung schwann, selubung mielin, dan akson.

Kemudian, jaringan ikat, memiliki fungsi sebagai penghubung jaringan yang satu dengan yang lain, mengikat dan melekatkan organ-organ tubuh, serta menyokong tubuh. Jaringan ikat terdiri dari jaringan ikat padat, jaringan ikat longgar, jaringan lemak, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, jaringan darah, dan jaringan limfa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8765191818921887504

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item