Apa yang Disebut Usus Dua Belas Jari, Usus Kosong, dan Usus Penyerapan?

Apa yang Disebut Usus Dua Belas Jari, Usus Kosong, dan Usus Penyerapan?
Ilustrasi/pelajaran.co.id
Usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan, adalah bagian yang terdapat di dalam usus halus di tubuh kita. Permukaan usus halus dipenuhi tonjolan-tonjolan yang memiliki jonjot halus yang disebut villus atau villi. Satu villus dalam jonjot usus halus mengandung percabangan halus dari pembuluh darah dan pembuluh limpa.

Usus dua belas jari (duodenum) memiliki panjang sekitar 25 centimeter dan memiliki dua saluran, yaitu saluran empedu yang berfungsi menyalurkan cairan empedu, dan saluran pankreas yang berisi cairan mengandung enzim yang digunakan untuk memecah karbohidrat, protein, dan lemak. Fungsi cairan empedu adalah untuk mengubah lemak menjadi bentuk emulsi.

Usus kosong (jejenum) adalah bagian usus halus yang berfungsi menyelesaikan proses pencernaan makanan. Dalam usus kosong, makanan yang belum tercerna dengan baik akan dicerna lagi menjadi bentuk yang lebih sederhana, sehingga menghasilkan glukosa, asam amino, asam lemak, dan gliserol.

Usus penyerapan (ileum) adalah bagian usus halus yang berfungsi menyerap zat-zat makanan yang telah dicerna di dua bagian usus halus sebelumnya. Pada bagian ini terdapat jonjot-jonjot yang berguna untuk memperluas daerah penyerapan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 4874241099123580724

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item