Apa yang Disebut Jaringan Epitel Dalam Tubuh Manusia dan Hewan?

Apa yang Disebut Jaringan Epitel Dalam Tubuh Manusia dan Hewan?
Ilustrasi/infoana.com
Salah satu jaringan yang terdapat dalam struktur tubuh manusia dan hewan adalah jaringan epitel. Jaringan epitel adalah jaringan yang berfungsi dalam melapisi permukaan organ tubuh, baik permukaan tubuh bagian luar maupun bagian dalam.

Berdasarkan bentuk dan susunannya, jaringan epitel terbagi dalam epitel pipih dan selapis, epitel kubus selapis, epitel silindris selapis, epitel pipih berlapis banyak, epitel kubus berlapis banyak, epitel silindris berlapis banyak, epitel silindris berilia, dan epitel transisional. Berikut ini penjelasannya.

Epitel pipih dan selapis terletak di pembuluh limpa, endotel, kapsula glomerolus, alveoli, peritonium, pleura, dan perikardium. Berfungsi untuk difusi dan filtrasi.

Epitel kubus selapis terletak di tubula ginjal, saluran kelenjar ludah, kelenjar keringat, permukaan ovari, permukaan dalam lensa mata, dan sel-sel berpigmen yang berasal dari retina. Berfungsi untuk sekresi dan absorpsi.

Epitel silindris selapis terletak di area lambung, usus, kelenjar pencernaan, kantong empedu, saluran uterus, dan rongga hidung. Fungsinya untuk sekresi dan absorpsi.

Epitel pipih berlapis banyak terletak di area ujung urethra, vagina, mulut, esofagus, saluran anus, dan epidermis. Fungsinya untuk proteksi.

Epitel kubus berlapis banyak terletak di area kelenjar minyak, kelenjar keringat, kelenjar tiroid, zakar, dan ovarium. Fungsinya untuk sekresi dan eksresi.

Epitel silindris berlapis banyak terletak di area saluran kelenjar ludah, faring, langit-langit mulut, saluran kelenjar susu, dan urethra. Fungsinya untuk sekresi dan pergerakan.

Epitel silindris berilia terletak di area rongga hidung, saluran reproduksi, saluran pernapasan, dan saluran ekskresi yang besar. Fungsinya untuk sekresi, proteksi, dan gerakan zat.

Epitel transisional terletak di area kandung kemih, urethra, ureter, dan ginjal. Fungsinya untuk proses yang memungkinkan perubahan pada bentuk tubuh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6309184535213428276

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item