Mengapa Tidak Boleh Mencelupkan Kantong Teh Terlalu Lama?

Mengapa Tidak Boleh Mencelupkan Kantong Teh Terlalu Lama?
Ilustrasi/kompas.com
Di pasaran banyak tersedia teh celup yang biasanya berbentuk kantong teh. Kantong berisi teh tersebut digunakan dengan cara dicelupkan ke dalam air panas, sampai teh dalam kantong larut ke dalam air. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama mencelupkan kantong teh ke dalam air panas, karena kurang baik untuk kesehatan.

Kantong teh celup mengandung klorin, yaitu senyawa desinfektan yang biasa digunakan di industri kertas, yang menjadikan kertas bebas mikroorganisme (bakteri) sehingga tidak cepat mengalami pembusukan dan tahan lama.

Selain itu, klorin juga menjadikan kertas semakin terlihat putih/bersih. Jika kita mencelupkan kantong teh lebih dari 3-5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh.

Karena termasuk golongan desinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya—tak jauh beda dengan racun serangga.

Banyak penelitian bahkan mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker. Karenanya, dianjurkan untuk tidak mencelupkan teh celup dalam waktu lama.

Sebaiknya, jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit. Begitu teh dalam kantong sudah larut ke dalam air, segera angkat kantong teh dan buang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 988285958397280174

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item