Kapan Terjadi Wabah Pes di Konstantinopel?

 Kapan Terjadi Wabah Pes di Konstantinopel?
Ilustrasi/juicyecumenism com
Konstantinopel (sekarang Istambul, Turki) dihantam wabah pes pada 542 Sebelum Masehi. Wabah penyakit itu diperkirakan telah membunuh 300.000 orang di Konstantinopel dalam waktu setahun. Rumah-rumah dipenuhi mayat-mayat yang membusuk, dan pemakaman massal menjadi hal umum yang terjadi.

Ketika tingkat kematian semakin tinggi dan semakin cepat, ribuan mayat dibawa ke pantai dan ditumpuk di sana untuk dibiarkan membusuk, sementara mayat-mayat juga ditumpuk di jalanan, mengakibatkan bau amis yang meresap dan menggantung di kota.

Selama pertengahan abad keenam, harapan hidup bagi pria adalah 25-30 tahun, sementara usia harapan hidup bagi wanita lebih pendek lagi. Di masa itu, usia wanita untuk menikah sekitar 14 tahun, dengan tujuan agar populasi berkembang. Hidup begitu singkat dan sulit, akibat wabah pandemi yang terjadi pada saat itu.

Dalam waktu setahun, wabah penyakit pes yang disebarkan kutu yang nyaris tidak kasatmata itu telah melakukan sesuatu yang sangat besar, yang tidak bisa dilakukan oleh pasukan penakluk, yaitu mengakhiri kekaisaran Romawi, dan dimulainya Abad Kegelapan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4542766463152938147

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item