Bisakah Pelangi Muncul di Malam Hari?

 Bisakah Pelangi Muncul di Malam Hari?
Ilustrasi/popsci.com
Umumnya, pelangi muncul di siang hari, namun bukan berarti pelangi tidak bisa muncul di malam hari. Pelangi bisa muncul di waktu malam, meski tidak sesering di siang hari. Moonbow atau lunar rainbow adalah sebutan untuk pelangi yang muncul di malam hari.

Pada dasarnya, pelangi bisa muncul kapan saja, selama ada cahaya yang terang, serta ada titik-titik air. Ketika malam, yang menjadi kuncinya adalah cahaya Bulan (cahaya Matahari yang dipantulkan Bulan). Pelangi di malam hari memang sangat jarang terjadi, karena cahaya Bulan tidak terlalu terang, meskipun sedang dalam keadaan penuh.

Kemudian, untuk memunculkan pelangi di malam hari, dibutuhkan pula keadaan hujan di bagian yang berlawanan dengan Bulan (proses terbentuknya pelangi tersebut sama seperti pada waktu siang hari). Keadaan langit harus sangat gelap, dan posisi sudut elevasi Bulan pada saat itu harus tidak lebih dari 42 derajat tingginya. Syarat-syarat itulah yang membuat kita sangat jarang melihat pelangi di malam hari.

Bahkan kalau pun pelangi muncul di malam hari, kadang tidak terlihat oleh mata telanjang—mungkin hanya terlihat seperti gambaran kecil di sekitar Bulan. Hal itu terjadi karena biasanya cahaya Bulan tidak cukup terang untuk mengaktifkan sel-sel konus pada mata kita untuk menerima warna.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 7495080593536318703

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item