Apa yang Disebut Pencemaran Air?

Apa yang Disebut Pencemaran Air?
Ilustrasi/europa.eu
Pencemaran air adalah perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan, dan air tanah, akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan, dan air tanah, adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan salah satu bagian siklus hidrologi. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia.

Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan, dan air tanah, adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan berpotensi sebagai objek wisata.

Pencemaran air merupakan masalah global pada saat ini, karena disebut telah menjadi penyebab utama untuk kematian dan penyakit di dunia. Tercatat kematian lebih dari 14.000 orang setiap hari karena pencemaran air. Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak India meninggal karena diare setiap hari.

Sekitar 90 persen kota di Cina mengalami polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Di luar itu, polusi air merupakan masalah akut di negara berkembang, bahkan negara-negara industri/maju.

Umumnya, air disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti untuk minum, dan/atau mengalami pergeseran yang ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan.

Fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, kebinasaan ikan, badai, dan gempa bumi, juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Nature 1515331580309070813

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item