Apa Itu Laba-laba Laut dan Cumi-cumi Raksasa?

 Apa sih Laba-laba Laut dan Cumi-cumi Raksasa itu?
Ilustrasi/tribunnews.com
Sebenarnya, laba-laba laut atau Colossendeis colossea bukanlah laba-laba, meski penampilannya tampak lebih terkait dengan laba-laba dibanding dengan spesies lain. Organisme yang disebut Pantopoda ini memang jarang dikenal, karena hidup di kedalaman laut.

Tubuh mereka kecil, namun memiliki kaki-kaki yang panjang. Mereka memakan cnidarian (terutama ubur-ubur dan anemon) dengan cara menusukkan kakinya ke bagian tubuh lembut mangsanya, dan kemudian mengisapnya.

Apa sih Cumi-cumi Raksasa itu?
Ilustrasi/merahputih.com
Apa sih Cumi-cumi Raksasa itu?

Hewan ini layak mendapat sebutan raksasa, karena ukurannya yang memang tidak biasa. Cumi-cumi yang dianggap sebagai Cephalopoda terberat ini dapat tumbuh hingga sepanjang 10 meter. Ia menyergap mangsanya dengan menggunakan bioluminescence untuk memikat ikan yang akan dijadikannya santapan.

Semula, keberadaannya dianggap sebagai legenda atau cerita mitos dari laut, sampai pada tahun 2007 sekelompok nelayan di laut Antartika menangkap cumi-cumi tersebut. Sekarang, hewan invertebrata terbesar ini dapat disaksikan di Museum Nasional di Wellington, Selandia Baru.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 1368236010548452691

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item