Apa Manfaat Capsaicin pada Cabai?

 Apa Manfaat Capsaicin pada Cabai?
Ilustrasi/productnation.co
Capsaicin pada cabai menimbulkan rasa pedas pada orang yang memakannya. Akibatnya, jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, cabai bisa mengakibatkan sakit perut. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, cabai bisa memberi manfaat, di antaranya:
  • Meredakan pilek dan hidung tersumbat, karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Hasilnya, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar, hingga hidung tidak tersumbat lagi.
  • Meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi, karena rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Hasilnya, rasa sakit akan berkurang, bahkan hilang.
  • Memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner, karena mengonsumsi capsaicin secara rutin akan menyebabkan darah akan tetap encer, dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Hasilnya, darah akan mengalir dengan lancar.
  • Meningkatkan nafsu makan, karena capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Hasilnya, nafsu makan menjadi bertambah.

Selain beberapa manfaat tersebut, cabai masih memberikan manfaat lain, yaitu menghasilkan vitamin C dan vitamin A yang sangat diperlukan bagi tubuh.

Cabai juga memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh kita, karena banyak mengandung kedua zat tersebut. Terakhir, cabai juga bisa menghilangkan rasa dingin pada tubuh, jika dioleskan pada bagian yang terasa dingin.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 5038906727326950274

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item