Mengapa Telinga Kadang Berdengung?

Mengapa Telinga Kadang Berdengung?
Ilustrasi/grid.id
Telinga berdengung atau mendenging dalam istilah medis disebut “tinnitus”. Ketika telinga berdengung, kita seolah-olah mendengar suara mendengung, dan bila terjadi hingga lama bisa menimbulkan stres. Mengapa telinga kita kadang berdengung?

Ada beberapa penyebab yang menjadikan telinga berdengung. Yang paling ringan bisa terjadi karena telinga kemasukan air saat mandi atau ketika berenang di kolam. Keberadaan air di dalam telinga menjadikan telinga tersumbat, dan melahirkan dengung.

Cara mengatasinya bisa “dilap” menggunakan kain yang bersih atau tisu yang higienis, sampai air yang menyumbat telinga bisa dikeluarkan.

Kemudian, kotoran yang menumpuk di bagian luar telinga juga bisa menjadikan telinga berdengung. Kotoran yang menumpuk itu menjadikan lubang telinga tersumbat, hingga gelombang suara tidak bisa masuk sempurna. Cara mengatasinya tentu dengan membersihkan kotoran tersebut.

Yang agak merisaukan adalah jika penyebab telinga berdengung karena adanya gangguan pada gendang telinga. Gangguan yang terjadi pada gendang telinga bisa berupa peradangan sampai bocornya gendang telinga.

Hal itu bisa dipicu oleh flu yang berkepanjangan (hidung dan telinga memiliki hubungan erat sehingga saling mempengaruhi). Cara mengatasinya adalah menemui dokter spesialis THT untuk mendapat penanganan.

Penyebab lain yang juga menjadikan telinga berdengung bisa berasal dari bagian dalam. Gangguan pada taraf ini berkaitan dengan sensor saraf. Kasus yang paling sering terjadi adalah saraf mengalami kelelahan karena sering terpapar suara bising.

Kebiasaan mendengarkan musik terlalu kencang, bekerja di lingkungan sangat bising tanpa mengenakan pelindung telinga, hingga kegemaran memakai earphone atau headphone, bisa membuat saraf telinga kita lelah dan menimbulkan efek dengung.

Untuk mengatasi masalah terakhir, ada cara unik yang bisa kita lakukan, yaitu dengan mendengarkan suara ombak. Berdasarkan penelitian, mendengarkan suara ombak (di pantai secara langsung atau hanya melalui rekaman) terbukti bisa mengurangi gangguan telinga yang berdengung, jika dilakukan secara teratur dan dengan volume yang tepat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 865309753130384736

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item