Mengapa Otak Kita Membutuhkan Banyak Energi?

Mengapa Otak Kita Membutuhkan Banyak Energi?
Ilustrasi/okezone.com
Otak manusia adalah organ paling kompleks dalam tubuh manusia, bahkan organ paling kompleks di alam semesta. Bisa dikatakan bahwa segala hal yang tercipta di dunia ini berasal dari otak manusia, karenanya otak merupakan fitur paling menakjubkan dalam tubuh kita.

Dengan segala kompleksitasnya, otak manusia bekerja untuk banyak hal. Sebagai alat penyimpanan yang aman—dari penyimpanan memori sampai kepribadian—dan memiliki pengaruh besar terhadap emosi, tingkat semangat, hingga kesehatan manusia.

Otak juga menjadi pusat komando bagi sistem saraf pusat, serta melayani manusia dengan kemampuan fisik dan kognitif. Itu baru segelintir fungsi penting otak bagi manusia.

Karena sebegitu penting fungsinya, otak mengonsumsi sebagian besar energi tubuh kita. Meski hanya memiliki berat sekitar 2 persen dari keseluruhan berat tubuh, namun otak kita membutuhkan 15 persen dari keluaran jantung, dan 20 persen total asupan oksigen yang masuk ke tubuh.

Selain itu, sejumlah besar oksigen masih terus dibutuhkan, bahkan ketika otak sedang beristirahat—meski belum diketahui mengapa hal itu terjadi.

Untuk menyuplai semua kebutuhan tersebut, otak membutuhkan tiga arteri utama. Jika salah satunya macet atau mengalami masalah, maka yang terjadi adalah stroke. Selain energi, otak kita juga membutuhkan tengkorak yang besar sekaligus kuat—sesuatu yang jauh lebih mewah jika dibandingkan anggota tubuh lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6786647774126368763

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item