Mengapa Kulit Kadang Terasa Gatal?

Mengapa Kulit Kadang Terasa Gatal?
Ilustrasi/halodoc.com
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit terasa gatal, bisa karena gigitan serangga atau karena masalah lain. Yang jelas, timbulnya rasa gatal pada kulit karena adanya luka atau kerusakan pada saraf di permukaan kulit.

Karena jaringan kulit mengalami kerusakan, tubuh kita pun memproduksi lapisan kulit baru untuk menggantikan yang rusak. Lapisan kulit yang baru terbentuk itu masih sangat tipis, sehingga sarafnya pun lebih sensitif. Saraf sensitif itu diterjemahkan otak sebagai rasa gatal.

Kemudian, ketika jaringan kulit yang mengalami luka mulai pulih, ada kalanya kelenjar yang bertugas meminyaki permukaan kulit belum sepenuhnya pulih. Akibatnya, kulit menjadi kering dan timbul rasa perih atau gatal.

Yang kadang menjadi masalah, tangan kita sering kali secara reflek menggaruk area yang gatal. Padahal, rasa gatal itu muncul karena kulit sedang dalam proses pemulihan atau penyembuhan. Ketika digaruk, selalu ada kemungkinan jaringan yang akan sembuh itu mengalami luka atau kerusakan lagi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3835335485229528367

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item