Jika Kita Mengambil Madu, apakah Lebah akan Kelaparan?

 Jika Kita Mengambil Madu, apakah Lebah akan Kelaparan?
Ilustrasi/wartakota.com
Selain memiliki rasa yang enak dan manis, madu juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, bahkan sering dijadikan obat untuk sebagian penyakit atau masalah tubuh.

Karena hal itu pula, banyak orang yang mengambil atau memanen madu lebah untuk dikonsumsi sendiri atau diperjualbelikan. Jika kita mengambil madu, apakah lebah akan kelaparan karena kehilangan sumber makanan?

Kenyataannya, madu adalah bahan makanan yang sengaja dipersiapkan lebah untuk sumber makanan kawanan mereka, untuk menghadapi waktu-waktu ketika mereka tidak bisa mencari makan.

Dalam hal ini, para petani yang baik pasti tahu seberapa banyak madu yang boleh diambil atau dipanen, tanpa membuat kawanan lebah kekurangan makan hingga kelaparan. Karena, jika kita mengambil madu terlalu banyak hingga lebah kekurangan makanan, mereka justru tidak bisa menghasilkan madu lagi karena mungkin mati kelaparan.

Sebenarnya, lebah madu telah memproduksi madu dalam jumlah besar, lebih dari yang mereka perlukan.

Di alam liar, persediaan jumlah makanan yang berlimpah semacam itu ditujukan untuk berjaga-jaga dari ancaman pedator—mamalia atau burung—yang sesekali mencuri madu mereka. Karenanya, jika kita hanya mengambil madu secukupnya, lebah-lebah tidak mempermasalahkan, selama mereka masih memiliki cadangan yang cukup untuk makan.

Sayangnya, dalam hal ini, manusia kadang cenderung rakus dan tidak memikirkan nasib para lebah yang mereka ambil madunya. Selain memanen madu sebanyak-banyaknya, bahkan sampai menghabiskan madu di alam liar, manusia juga kadang sampai merusak bahkan menghancurkan sarang lebah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 1536103257392614352

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item