Bagaimana Pertumbuhan Rambut Manusia?

Bagaimana Pertumbuhan Rambut Manusia?
Ilustrasi/womantalk.com
Dalam kehidupannya, setiap helai rambut akan melewati tiga tahap pertumbuhan. Pertama adalah fase anagen, yaitu rambut secara aktif tumbuh dan bertambah panjang. Fase itu berlangsung sekitar 3-5 tahun.

Fase kedua adalah katagen, yang berlangsung antara 3-4 minggu. Pada fase itu, pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat, sebelum akhirnya berhenti.

Fase ketiga disebut telogen. Pada fase ini, folikel rambut mengecil, dan bergerak lepas ke permukaan kulit kepala. Proses itu berlangsung sekitar 3-4 bulan.

Setelah melewati ketiga fase tersebut, rambut baru akan tumbuh lagi untuk menggantikan yang sudah rontok. Siklus pertumbuhan itu memakan waktu hingga 4 tahun, dan dapat berulang hingga 25 kali.

Sehelai rambut dapat bertahan tumbuh sekitar 3-5 tahun di kulit kepala yang sehat. Pada satu pori kulit kepala, rata-rata akan terjadi proses regenerasi pertumbuhan rambut hingga sebanyak 20 kali. Rambut tumbuh dan bertambah panjang sekitar 12 milimeter dalam waktu satu bulan.

Jika tidak mengalami pemotongan, rambut akan terus tumbuh hingga sepanjang 107 centimeter, sebelum kemudian rontok dan mengalami pertumbuhan baru pada pori yang sama.

Pertumbuhan rambut akan melambat seiring bertambahnya usia. Untuk memelihara pertumbuhan rambut yang sehat, pijatlah kulit kepala secara teratur, setiap kali keramas. Pijatan ringan itu dapat merangsang aliran zat-zat gizi, oksigen, dan darah, menuju folikel rambut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3206427307980651396

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item