Bagaimana Anatomi Kuku Manusia?

 Bagaimana Anatomi Kuku Manusia?
Ilustrasi/kadinomi.com
Kuku kita terdiri dari batang kuku, lunula, akar kuku, sinus, matriks, bantalan kuku, hiponikium, dan bagian bebas.

Batang kuku (nail plate) adalah bagian kuku yang paling mudah kita kenali, karena terlihat jelas. Nail plate adalah bagian kuku yang keras dan nyaris transparan, sehingga pembuluh darah di bawahnya dapat terlihat. Hal itulah yang membuat kuku terlihat kemerahan. Batang kuku tersusun dari protein yang disebut keratin.

Lunula adalah bagian pangkal kuku yang berwarna putih dan melengkung. Lunula menandakan bahwa di bawahnya terdapat bagian yang disebut matriks, yang berfungsi memproduksi sel kuku secara terus menerus. Lunula biasanya lebih menonjol atau lebih terlihat pada ibu jari (jempol).

Akar kuku (root) adalah bagian yang menjamin kuku tetap berada di tempatnya, dan menempel kuat disana. Sedangkan sinus adalah lokasi tempat akar kuku. Bagian itu merupakan pertemuan antara akar kuku dengan kulit kita.

Kemudian, matriks, adalah bagian paling penting dari kuku kita. Pada bagian ini terdapat banyak sekali pembuluh darah, saraf, dan kelenjar yang penting.

Matriks bertanggung jawab memproduksi sel yang akan menjadi batang kuku (nail plate). Jadi, setiap matriks memproduksi sel yang baru, sementara sel-sel yang lama akan terdesak dan semakin maju, dan akan terus berproduksi selama kita hidup.

Bantalan kuku adalah bagian kulit yang tepat berada di bawah batang kuku. Di bagian paling luar bantalan kuku juga terdapat pembuluh darah, dan sering sedikit terlihat dari luar, karena batang kuku yang menutupinya bersifat agak transparan.

Hiponikium adalah perbatasan antara kuku dengan bantalan kuku. Bagian ini membentuk lapisan pelindung seperti lem, sehingga kuku tetap menempel di bantalannya. Karenanya, kita akan merasa perih bila tidak sengaja memotong kuku terlalu pendek.

Bagian terakhir, yang disebut bagian bebas (free margin) adalah bagian kuku yang terlalu panjang dan melebihi ujung jari, dan biasanya akan segera kita potong, karena sebagian orang merasa tidak nyaman dengan kuku yang terlalu panjang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tubuh Manusia 2348752852538899102

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item