Apa yang Disebut United Nations University atau Universitas PBB?

  Apa yang Disebut United Nations University atau Universitas PBB?
Ilustrasi/flickr.com
United Nations University (UNU) adalah badan akademik Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan pada 1973, yang melayani tujuan dan prinsip Piagam PBB. Dalam bahasa Indonesia, badan ini disebut Universitas Perserikatan Bangsa-Bangsa atau Universitas PBB.

Universitas PBB melakukan berbagai penelitian tentang beragam masalah global yang berhubungan dengan kelangsungan hidup, pembangunan, dan kesejahteraan sosial, yang menjadi perhatian PBB maupun negara-negara anggotanya.

Meski memiliki status universitas, namun Universitas PBB tidak sepenuhnya berjalan sebagai sebuah institusi pendidikan yang komprehensif. Universitas PBB berfungsi sebagai think tank untuk sistem PBB, serta menjadi jembatan antara PBB dan para akademisi internasional dan pembuat kebijakan.

Universitas PBB dipimpin seorang rektor, yang merupakan pejabat kepala akademis dan administratif yang juga diangkat sebagai Wakil Sekretaris-Jenderal PBB. Universitas PBB bermarkas di Tokyo, Jepang, dengan wakil rektorat berada di Bonn, Jerman, serta kantor-kantor penghubung di Markas Besar PBB di New York dan di Markas Besar UNESCO di Paris.

Rektor Universitas PBB saat ini adalah Prof. Dr. Konrad Osterwalder. Salah satu rektor Universitas PBB sebelumnya adalam warga negara Indonesia, Soedjatmoko, yang ditunjuk sebagai rektor Universitas PBB pada 10 April 1980.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 1459304593912135137

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item