Apa yang Disebut UNDP?

 Apa yang Disebut UNDP?
Ilustrasi/transcend.org
United Nations Development Programme (UNDP) adalah organisasi multilateral paling besar, yang memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia. Dalam bahasa Indonesia, organisasi ini disebut Badan Program Pembangunan PBB. Dalam bahasa Prancis disebut Programme des Nations Unies pour le Développement, sedang dalam bahasa Spanyol disebut Programa de Desarrollo de Naciones Unidas.

UNDP berkantor pusat di New York City, dan menjadi organisasi terbesar dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Organisasi ini dibiayai oleh donor, yang biasanya juga membantu menyediakan ahli dan penasihat, pelatihan, serta perlengkapan pembangunan untuk negara berkembang.

UNDP dibentuk pada 1965 sebagai penggabungan dua organisasi sebelumnya (Program Bantuan Teknis PBB dan Program Dana Khusus PBB). Organisasi ini dianggap sebagai organisasi yang melakukan tugas pokok PBB, selain perwujudan perdamaian dunia dan keamanan dunia.

UNDP mempunyai anggota sekitar 166 negara dari seluruh dunia, bekerja dengan bantuan pemerintah dan LSM lokal.

Fungsi dan tujuan organisasi ini di antaranya adalah mewujudkan demokrasi dalam suatu negara, menanggulangi kemiskinan, membantu suatu negara untuk bangkit dari keterpurukan, memperluas energi dan menjaga keseimbangan lingkungan, sampai menanggulangi HIV/AIDS.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8684104337583179124

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item