Apa yang Disebut UN Women?

 Apa yang Disebut UN Women?
Ilustrasi/fundeps.org
UN Women atau Entitas Perserikaan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, adalah entitas PBB yang bekerja untuk memberdayakan perempuan dan anak-anak perempuan. UN Women dibentuk oleh Resolusi Majelis Umum nomor 64/289, dan mulai dioperasionalisasikan sejak Januari 2011.

UN Women menggantikan entitas sebelumnya, yaitu UNIFEM, dan juga merupakan anggota Kelompok Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mantan Presiden Chile, Michelle Bachelet, menjadi Direktur Eksekutif pertama UN Women.

Pembentukan UN Women merupakan salah satu agenda reformasi PBB dan memiliki gabungan mandat dari berbagai bagian sistem PBB yang berfokus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, yang terdiri dari Divisi Pemajuan Perempuan, Institut Penelitian dan Pelatihan Internasional untuk Kemajuan Perempuan, Kantor Penasihat Khusus untuk Isu Gender dan Kemajuan Perempuan, serta Dana Pembangunan PBB untuk Perempuan.

Selain gabungan mandat di atas, UN Women juga memimpin, mengoordinasikan, dan mempromosikan akuntabilitas PBB dalam kinerja pada masalah kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Tujuan dibentuknya UN Women adalah untuk meningkatkan upaya yang dilakukan oleh sistem PBB lainnya, seperti UNICEF, UNDP, dan UNFPA, yang semuanya bekerja secara berkelanjutan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, di area keahlian masing-masing.

Beberapa peran utama UN Women di antaranya adalah mendukung badan-badan antar pemerintah—seperti Komisi Status Perempuan—dalam pembentukan kebijakan, norma, dan standar global; membantu negara-negara anggota dalam implementasi standar-standar tersebut, bersiap siaga dalam menyediakan dukungan teknis dan finansial pada negara-negara yang meminta, serta memperkuat kemitraan efektif bersama masyarakat sipil; dan menjaga akuntabilitas sistem PBB dalam komitmennya untuk kesetaraan gender, termasuk pengawasan berkala pada progres yang dicapai oleh keseluruhan sistem PBB.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2331195945932369180

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item