Apa yang Disebut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)?

Apa yang Disebut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)?
Ilustrasi/dunyaatlasi.com
Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) adalah panel ilmiah yang terdiri dari para ilmuwan dari seluruh dunia. Dalam bahasa Indonesia, organisasi ini disebut Panel Antarpemerintah Tentang Perubahan Iklim.

IPCC didirikan pada 1988 oleh dua organisasi PBB, yaitu World Meteorological Organization (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP), untuk mengevaluasi risiko perubahan iklim akibat aktivitas manusia, dengan meneliti semua aspek berdasarkan literatur teknis/ilmiah yang telah dikaji dan dipublikasikan.

Panel ini terbuka untuk semua anggota WMO dan UNEP. Terdapat enam skenario yang dibuat IPCC untuk melakukan penanggulangan perubahan iklim, yang tiap skenario berisi skenario untuk populasi, pertumbuhan ekonomi, dan persediaan energi.

Laporan-laporan IPCC sering dikutip dalam setiap perdebatan yang berhubungan dengan perubahan iklim. Badan-badan nasional dan internasional yang terkait dengan perubahan iklim menganggap panel iklim PBB sebagai layak dipercaya.

Pada 12 Oktober 2007, IPCC diumumkan sebagai pemenang anugerah penghargaan Nobel Perdamaian bersama dengan Al Gore, “untuk usaha mereka dalam membangun dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai perubahan iklim yang disebabkan manusia, serta dalam merintis langkah-langkah yang diperlukan untuk melawan perubahan tersebut.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7537817079262023175

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item