Apa itu UNODC, dan apa Tujuan Pembentukannya?

 Apa itu UNODC, dan apa Tujuan Pembentukannya?
Ilustrasi/colombiareports.com
United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk pada 1997, yang ditujukan untuk mengurusi kontrol narkoba dan pencegahan kejahatan, dengan mengombinasikan Program Kontrol Narkoba Internasional PBB (UNDCP) dan Divisi Keadilan Kriminal dan Pencegahan Kejahatan.

Dalam bahasa Indonesia, badan ini disebut Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan.

Tujuan pembentukan UNODC adalah membantu PBB dalam memecahkan masalah perdagangan dan penggunaan ilegal narkoba, pencegahan kejahatan dan kriminal, terorisme internasional, serta korupsi politik, secara komprehensif dan terkoordinasi.

Tujuan-tujuan itu dicapai melalui tiga fungsi utama, yaitu penelitian, kebijakan, dan dukungan bagi pemerintah dalam pengadopsian dan implementasi protokol, traktat, dan konvensi terkait, serta pemberian bantuan teknis dan finansial untuk membantu pemerintah negara-negara anggota dalam menyelesaikan permasalahan narkoba dan kejahatan.

Beberapa tema besar kinerja UNODC di antaranya pembangunan alternatif, pencegahan kejahatan dan reformasi penjara, pencegahan narkoba, HIV dan AIDS, perdagangan manusia dan penyelundupan imigran, pencucian uang, kejahatan terorganisasi, pembajakan, dan pencegahan terorisme. Hal penting yang juga dilakukan oleh UNODC adalah merilis Laporan Narkoba Dunia.

Laporan Narkoba Dunia adalah publikasi tahunan yang diluncurkan oleh UNODC yang menyediakan analisis komprehensif pada permasalahan obat-obatan terlarang di dunia. Laporan itu menyediakan informasi dan estimasi pada tren produksi, perdagangan dan penggunaan opium, kokain, canabis, dan stimulan tipe amfetamin.

Laporan tersebut berdasar pada data yang dikumpulkan dan dipersiapkan oleh pemerintah negara-negara anggota PBB, UNODC, serta institusi internasional lainnya, yang ditujukan untuk mengidentifikasi tren evolusi pasar perdagangan narkoba internasional.

Melalui laporan itu, UNODC bertujuan meningkatkan pengertian negara-negara anggota PBB mengenai tren perdagangan obat-obatan terlarang, dan meningkatkan kepedulian mereka untuk membangun sistem data kolektif berkaitan dengan narkoba.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7012559805532296725

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item