Apa Itu Cacing Gua Waitomo?

  Apa sih Cacing Gua Waitomo itu?
Ilustrasi/trubus.id
Cacing ini hidup di Selandia Baru, tepatnya di gua Waitomo. Di tempat asalnya, cacing itu juga disebut cacing gua bercahaya. Ketika mencari mangsa, puluhan spesies cacing ini akan menggantung di atap gua, saling berbaris dan membelit, sambil bersama-sama memendarkan cahaya.

Di dalam gua yang gelap, cahaya yang dihasilkan cacing-cacing itu pun sangat indah sekaligus menarik perhatian. Dan itulah yang terjadi. Beberapa calon mangsa seperti lalat atau ngengat akan mendekati cahaya itu, lalu terjebak.

Cahaya yang dihasilkan cacing itu mengandung racun. Ketika calon mangsa terjebak, mereka pun mati, dan cacing-cacing itu lalu berpesta dengan santapan mereka.

Apa sih Terriswalkeris Terraereginae itu?
Ilustrasi/bbc.co.uk
Apa sih Terriswalkeris Terraereginae itu?

Disebut pula cacing raksasa Auckland, hewan unik ini adalah cacing dengan panjang sekitar 2 meter, yang dapat meninggalkan jejak lendir bersinar. Meski hidup di dalam tanah, namun hewan ini tidak beracun dan relatif tidak berbahaya, meski wujudnya mungkin dapat membuat geli, ngeri, atau jijik.

Ketika berjalan, cacing itu akan meninggalkan jejak tubuhnya, yang berupa lendir. Ajaibnya, lendir itu bisa tampak bercahaya di atas tanah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 6155852370640119144

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item