Apa Fungsi atau Manfaat Kuku bagi Manusia?

Apa Fungsi atau Manfaat Kuku bagi Manusia?
Ilustrasi/tribunnews.com
Kuku terbentuk dari materi protein yang disebut keratin. Kuku tidak hanya dimiliki oleh manusia. Sebagian besar primata dan beberapa jenis mamalia juga diketahui memiliki kuku dengan berbagai fungsi. Kuku merupakan penutup dan pelindung ujung jari tangan dan kaki.

Pada manusia, kuku berfungsi melindungi ujung-ujung jari dan segala bagian yang sangat sensitif di dalamnya, seperti ruas tulang jari paling luar (distal phalanx), juga jaringan-jaringan yang lunak dan lentur di sekitarnya.

Kuku juga berfungsi memperkuat ujung jari, sehingga jari-jari kita mampu mengangkat suatu benda. Tanpa adanya kuku, kita akan kerepotan mengambil atau mengangkat sesuatu.

Selain itu, kuku juga sangat penting dalam memberi sensitifitas daya sentuh. Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi menghantarkan rangsang sentuh saat kita menyentuh suatu objek, sehingga kita dapat merasakan sentuhan dengan objek yang kita sentuh.

Di luar hal-hal tersebut, kuku juga bisa berfungsi sebagai estetika. Jika dirawat dan dipotong dengan baik, kuku dapat menambah keindahan jari-jari kita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 5132864591999510684

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item