Apa Fungsi Darah bagi Tubuh Manusia?

Apa Fungsi Darah bagi Tubuh Manusia?
Ilustrasi/okezone.com
Pada tubuh manusia, fungsi darah adalah mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel dan jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali kata “hemo” atau “hemato” yang berasal dari bahasa Yunani, haima, yang berarti darah.

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup, yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbondioksida, dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis.

Setelah itu, darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena cava inferior.

Darah menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

Selain itu, darah juga mengangkut bahan-bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati, untuk diuraikan dan dibawa ke ginjal, lalu dibuang sebagai air seni.

Darah manusia berwarna merah—antara merah terang jika kaya oksigen, sampai merah tua jika kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen. Dalam berbagai kepentingan diagnosis penyakit, tekanan darah memiliki peranan yang amat penting.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3688878112019170985

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item