Kapan Terjadinya Revolusi Industri di Dunia?

Kapan Terjadinya Revolusi Industri di Dunia?
Ilustrasi/youtube.com
Revolusi Industri telah dimulai di Eropa pada awal tahun 1700-an, dan menjadi era yang menyaksikan perbaikan dramatis dalam sistem perjalanan dan pengangkutan barang.

Pada tahun 1750-an, di Inggris ada jalan milik swasta yang disebut turnpike, dan orang yang menggunakan jalan itu harus membayar uang tol. Namun, tidak lama kemudian, jalan itu rusak dan perlu diperbaiki.

Sekitar tahun 1810, seorang insinyur dari Skotlandia bernama John MacAdam mengembangkan permukaan jalan tipe baru yang lebih awet, serta dapat mengalirkan air dengan mudah.

Ketika industri berkembang, muatan yang semakin banyak dari barang berat seperti batubara dan besi harus dibawa ke berbagai tempat. Barang-barang berat semacam itu biasanya dibawa melalui sungai, namun sungai tidak selalu mengarah ke tempat yang dituju.

Maka saluran baru pun digali untuk keperluan tersebut. Sistem saluran modern pertama dibuka di Prancis pada 1681, yang kemudian ditiru di Inggris dan Amerika Serikat. Sekitar tahun 1800, di Inggris terdapat saluran dengan panjang sekitar 7.000 kilometer.

Sampai kemudian, pada tahun 1804, seorang berkebangsaan Inggris, Richard Trevithick, berhasil membuat mesin uap yang dapat bergerak sendiri di atas rel besi.

Penemuan mesin uap merupakan tenaga penggerak dalam Revolusi Industri. Ide Richard Trevithick kemudian dikembangkan oleh George Stephenson, yang lokomotifnya—dinamai Rocket—digunakan untuk menarik kereta barang pada tahun 1892.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 382822539170539662

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item