Kapan Perdagangan Budak Dihapus di Inggris?

Kapan Perdagangan Budak Dihapus di Inggris?
Ilustrasi/pixels.com
Selama tahun 1700-an, perdagangan budak menimbulkan kesengsaraan bagi ribuan orang Afrika, yang dibawa melintasi Samudera Atlantik dan dipaksa untuk bekerja sebagai budak di perkebunan Amerika.

Meski gerakan anti perbudakan banyak disuarakan di Inggris dan Amerika, namun perdagangan budak membawa kekayaan yang sangat besar bagi mereka yang menyelenggarakannya—pembuat kapal, pemilik kapal, saudagar, dan pihak lain yang terlibat dalam perdagangan budak.

Seiring dengan itu, banyak orang yang mengutuk perdagangan budak dan menuntut penghapusannya. Banyak pembicara pendukung penghapuan budak bergabung dalam perjuangan untuk memperoleh hak-hak yang setara untuk orang berkulit hitam.

Sampai kemudian, perdagangan budak diakhiri di Inggris pada tahun 1807, hingga akhirnya dihapus di seluruh kerajaan pada 1833.

Namun, perbudakan masih berlangsung di tempat-tempat lain. Perdagangan budak baru berakhir di Amerika Serikat setelah Perang Saudara Amerika pada 1865, dan masih berlangsung di Brazil sampai tahun 1889.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 6567463547554765677

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item