Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Yunani

Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Yunani
Ilustrasi/tribunnews
Yunani adalah tempat lahirnya budaya Barat. Negaranya berada di Eropa bagian selatan/tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah (Mediterania). Secara resmi, negeri ini bernama Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia, atau Republik Yunani).

Yunani memiliki garis pantai sepanjang 13.676 kilometer (8,498 mil), dengan banyak kepulauan, termasuk pulau Kreta (Crete), Dodecanese, Cyclades, dan kepulauan Ionia. Delapan puluh persen tanah Yunani terdiri dari pegunungan. Yang tertinggi adalah Gunung Olympus dengan tinggi 2.917 meter (9.570 kaki).

Orang Yunani menyebut negara mereka Hellas, atau dalam ucapan modern disebut Ellas. Nama Greece dalam bahasa Inggris dan bentuk-bentuk yang mirip dalam beberapa bahasa Eropa lainnya, diambil dari bahasa Latin, Graecia, yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang terletak di sebelah utara Yunani, dan dihuni oleh orang Graekos.

Dalam bahasa Indonesia juga dikenal istilah Gerika, terutama bahasa Gerika untuk menyebut bahasa Yunani, yang diturunkan dari kata tersebut.

Sedangkan etimologi kata Yunani dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab, yang pada gilirannya mengambil dari nama Ionia. Ionia adalah pesisir barat negara yang sekarang disebut Turki. Berikut ini fakta-fakta lain seputar Yunani yang perlu kita tahu.
  • Ketika Kekaisaran Romawi pecah menjadi dua pada tahun 285 M, yang separuh sebelah timur adalah Yunani, yang menjadi terkenal dengan Kekaisaran Byzantium. Pada tahun 1453 M, Yunani jatuh ke tangan Kaisar Ottoman, dan sejak itu Yunani tidak memiliki kemerdekaan sampai tahun 1929.
  • Nenek moyang Yunani adalah bangsa Indo-Eropa yang masuk ke Yunani sekitar tahun 1900 SM. Mereka tinggal berdampingan dengan bangsa Minoan selama beberapa abad, sebelum timbulnya peradaban Mycenaean yang tiba-tiba jatuh pada abad ke-12 SM. Setelah “zaman kegelapan” selama 300 tahun ketika pengetahuan tulis-menulis hilang, Yunani mendorong lahirnya salah satu peradaban yang berpengaruh di dunia yang pernah dikenal, yaitu Yunani Klasik.
  • Legenda Yunani Kuno menceritakan bahwa ketika Dewa menciptakan dunia, Dewa menyaring seluruh tanah bumi dengan saringan. Setelah setiap negeri mendapatkan tanah yang baik, Dewa melemparkan batu yang tertinggal di saringan, dan menciptakan Yunani.
  • Yunani tidak memiliki sungai yang dapat dilalui, karena wilayahnya berupa tanah lapang bergunung-gunung. Selain itu, sekitar 80 persen wilayah Yunani berupa pegunungan.
  • Menurut mitos Yunani, Dewa Athena dan Poseidon sepakat bahwa siapa pun yang memberikan hadiah terbaik kepada kota Athena akan menjadi wali atas kota tersebut. Meski dewa Poseidon memberikan hadiah berupa air, hadiah pohon zaitun dari dewa Athena dianggap lebih bernilai oleh dewa-dewa.
  • Pada saat ini, Yunani adalah produsen minyak zaitun terbesar ketiga di dunia. Sejak zaman kuno, Yunani telah menanam pohon zaitun. Banyak pohon zaitun yang ditanam pada abad ke-3 masih menghasilkan minyak zaitun sampai sekarang di sana.
  • Yunani memiliki luas wilayah 50,949 mil persegi (131,958 kilometer persegi), atau setara dengan Alabama. Bedanya, Yunani dihuni lebih dari 10 juta orang, sementara Alabama hanya berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa.
  • Nama resmi Yunani adalah Hellenic Republic, dan dikenal pula dengan nama Ellas atau Ellada.
  • Di masa lalu, Yunani Kuno bukanlah satu-satunya negara seperti Yunani modern, karena ada sekitar 1.500 negara kota atau poleis (bentuk jamak polis) yang berbeda-beda. Masing-masing negara tersebut memiliki hukum dan tentara, dan mereka sering berselisih. Athena adalah negara kota terbesar.
  • Athena adalah kota tertua di Eropa, karena telah berpenduduk selama 7.000 tahun. Kota tersebut merupakan tempat lahirnya demokrasi, filsafat Barat, Olimpiade, ilmu politik, literatur Barat, historiografi, prinsip matematika utama, dan teori Barat tentang tragedi dan komedi.
  • Lebih dari 40 persen populasi Yunani tinggal di ibukota Athena. Sejak menjadi ibukota Yunani modern, populasi Athena bertambah dari 10.000 pada tahun 1834 menjadi 3,6 juta pada tahun 2001.
  • Yunani memiliki lebih dari 1.400 pulau, namun hanya 227 pulau yang berpenduduk. Pulau terbesar Yunani adalah pulau Crete yang memiliki luas 3.189 mil persegi, atau 8.260 kilometer persegi.
  • Titik tertinggi Yunani adalah rumah legendaris Dewa Zeus dan dewa-dewa Olimpian lainnya. Puncak Dewa Olympus ada pada ketinggian 9.750 kaki (2.917 meter). Titik terendah adalah laut Mediterania.
  • Alexander the Great adalah penguasa Yunani pertama yang diabadikan dalam uang koin Yunani. Sebelumnya, uang koin Yunani hanya bergambar dewa-dewa.
  • Banyak sarjana menyatakan bahwa peradaban Yunani telah lama ada, dan telah dicoba untuk diterapkan oleh hampir setiap pemerintahan di dunia.
  • Ribuan kosakata bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani, kadang-kadang melalui adaptasi Roma ke Latin, kemudian ke Inggris. Kosakata Inggris umum yang berasal dari bahasa Yunani di antaranya adalah “academy”, “apology”, “marathon”, “siren”, “alphabet”, dan “typhoon”.
  • Kalimat “taking the bull by its horns” berasal dari mitos Yunani tentang Hercules yang menyelamatkan pulau Kreta dari banteng yang mengamuk, dengan cara menangkap tanduknya.
  • Istilah “barbariab” berasal dari bahasa Yunani, “barbaroi”, yang berarti orang yang tidak bisa berbicara bahasa Yunani, sehingga suaranya seperti mengatakan “bar-bar-bar-bar”.
  • Bahasa Yunani telah digunakan lebih dari 3.000 tahun, menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa paling tua di Eropa.
  • Sekitar 12 juta orang di dunia menggunakan bahasa Yunani. Mereka banyak tinggal di Yunani, Cyprus, Italia, Albania, Turki, Amerika, dan negara lainnya.
  • Filsuf Yunani yang pertama adalah Thales of Miletus (624-546 SM). Dia yang pertama kali melakukan penelitian ilmiah tentang asal-usul dunia di luar mitos.
  • Sejarawan pertama yang diakui sebagai penulis Yunani adalah Herodotus (484-425 SM), seorang penulis pertama buku besar sejarah tentang perang antara Yunani dan Persia. Buku Herodotus adalah simbol penting dalam novel The English Patient yang terkenal itu.
  • Tokoh-tokoh Yunani kuno sering disebut sebagai para penemu matematika, karena mereka yang pertama kali menggunakan disiplin teoretis. Karya matematikawan Yunani seperti Phytagoras, Euclid, Archimedes, dan Apollonius, dianggap sebagai peletak dasar matematika modern.
  • Filsuf Yunani sebelum Socrates, Anaximander (610-546 SM) diakui sebagai orang pertama yang menulis risalah filosofis pertama, dan yang pertama kali membuat peta dunia. Dia juga sering dianggap sebagai ilmuwan pertama yang melakukan percobaan ilmiah.
  • Istilah “Yunani Kuno” biasanya dimaksudkan untuk menyebut masa antara Homer (750 SM) dan penguasaan Roma atas Mesir Ptolemaic (Antonio dan Cleopatra, 30 SM).
  • Drama Tragedi Yunani pertama diadakan pada tahun 534 SM, dan dipentaskan oleh pendeta Dionysus bernama Thespis. Dia juga menulis naskah serta berperan sebagai aktor pertama dalam sejarah teater. Di masa selanjutnya, istilah “thespian” (aktor) berasal dari namanya.
  • Dalam pertunjukan Yunani Kuno, hanya kaum pria yang boleh menjadi aktor. Mereka biasanya akan memakai topeng besar, dan para penonton dapat melihat apa yang mereka mainkan. Para petugas teater biasanya akan membawa tongkat besar, karena kadang-kadang banyaknya penonton dan bagusnya penampilan si aktor membuat penonton meluap-luap tak terkendali, hingga dapat membuat rusuh pertunjukan.
  • Istilah “tragedi” adalah istilah Yunani untuk “lagu kambing”, karena tragedi-tragedi awal Yunani dipersembahkan untuk Dewa Dionysus, dewa anggur, dan pemainnya memakai kulit kambing. Tragedi adalah cerita khusus dewa-dewa, raja, dan para pahlawan. Di sisi lain, komedi atau “revel” adalah cerita tentang karakter kelas rendah dan ketertindasannya.
  • Penulis modern Yunani yang terkenal adalah Nikos Kazantzakis (1883-1957). Novelnya yang berjudul Zorba the Greek dan The Last Temptation of Christ telah difilmkan, meski Gereja Orthodox Yunani kemudian mengusirnya karena novel The Last Temptation of Christ.
  • Di masa Yunani Kuno, salah satu hidangan yang sangat disukai pria Yunani di kala pesta adalah babi panggang yang diisi murai, telur, bebek, dan tiram. Kebanyakan pesta hanya khusus untuk kaum pria, meski di dalamnya ada wanita penghibur (bukan pekerjaan terhormat bagi wanita, meski di kala itu).
  • Olimpiade pertama terjadi pada tahun 776 SM. Pemenang olimpiade pertama adalah tukang masak Yunani bernama Coroebus yang memenangkan lomba lari.
  • Selama penyelenggaraan Olimpiade, Yunani akan mengorbankan seratus banteng kepada Dewa Zeus.
  • Dari seluruh populasi yang ada di zaman Yunani Kuno, jumlah budak di sana mencapai 40-80 persen. Di masa itu, budak adalah tawanan perang, anak-anak telantar, atau anak budak.
  • Pada puncaknya, jajahan Yunani ke barat mencapai sejauh Rusia dan Prancis, sementara ke timur sampai Turki.
  • Perang Peloponnesian antara Athena dan gabungan Pelopponesian yang dipimpin Sparta pada tahun 431-404 SM telah meninggalkan Yunani Kuno dalam kehancuran, dan menandai berakhirnya zaman keemasan Yunani di masa itu.
  • Orang Sparta di masa lalu terkenal sangat ahli membuat sup yang terbuat dari garam, cuka, dan darah. Ketika Yunani mengalami kejatuhan akibat peperangan dengan kaum Sparta, tidak ada satu pun orang Yunani yang mau meminum sup tersebut.
  • Prajurit Sparta dikenal karena rambut panjangnya. Sebelum berperang, mereka akan menyisir rambutnya dengan hati-hati. Para prajurit itu akan memelihara separuh rambutnya, sementara separuh janggutnya dipotong.
  • Secara hukum, orang yang memenuhi syarat menjadi warga negara Sparta hanyalah keturunan langsung dari penetap asli Doric. Karena peraturan itu, hanya ada sekitar 6.000-7.000 warga pria menghuni Sparta, dibandingkan jumlah warga Athena yang mencapai 40.000 orang.
  • Di zaman kuno, sistem pengasingan membolehkan rakyat Athena untuk membuang sementara orang-orang yang pikirannya dianggap membahayakan orang banyak. Apabila warga menganggap pengasingan harus dilakukan, maka masing-masing warga di sana akan menuliskan sebuah nama (yang akan diasingkan) pada pecahan tembikar atau ostracon secara rahasia. Nama-nama orang yang tertulis tersebut kemudian harus meninggalkan kota dalam waktu 10 hari, dan tidak boleh pulang sampai 10 tahun.
  • Pada waktu-waktu tertentu, orang-orang di Yunani melakukan ritual pengorbanan. Orang yang kaya akan mengorbankan hewan di candi-candi, sementara orang miskin yang tidak bisa memberikan hewan hidup akan memberikan kue kering sebagai gantinya.
  • Di zaman kuno, angka harapan hidup wanita Yunani adalah 36 tahun, sementara rata-rata harapan hidup untuk pria adalah 45 tahun. Dari kelahiran anak di masa itu, hanya separuh yang bertahan hidup. Sekarang, harapan hidup wanita Yunani mencapai 82 tahun, sementara pria memiliki angka harapan hidup rata-rata 77 tahun.
  • Anak-anak yang lahir di Yunani umumnya diberi nama oleh orang yang dianggap suci. Uniknya, di saat dewasa, orang-orang Yunani lebih memilih merayakan “hari pemberian nama” dari orang suci yang memberikannya, daripada merayakan hari lahirnya sendiri.
  • Pada 1950-an, hanya sekitar 30 persen orang dewasa Yunani yang dapat membaca dan menulis. Sekarang, tingkat baca-tulis masyarakat Yunani telah lebih dari 95 persen.
  • Seperti umumnya negara lain yang berasas demokrasi, Yunani memberlakukan pemilu, yang mewajibkan para penduduk untuk ikut berpartisipasi jika telah berusia 18 tahun. Di Yunani, bisa dibilang setiap orang tidak bisa menolak kewajiban itu, hingga di sana tidak ada golput.
  • Demokrasi di Athena berbeda dengan demokrasi modern. Demokrasi Athena lebih partisipatoris dan eksklusif. Dalam Demokrasi Athena juga tidak ada partai politik.
  • Di masa kini, Yunani memiliki dua partai politik, yaitu Sosialis (Panhellenic Socialist Movement atau PASOK) dan partai Demokratis (The New Democracy Party). Keduanya berdiri pada 1974 setelah diktator militer Yunani jatuh.
  • Bendera Yunani terdiri dari sembilan garis horisontal biru dan putih, dan beberapa sarjana menyatakan sembilan garis tersebut mempunyai motto “Eleftheria i Thanatos” atau “Merdeka atau Mati”. Biru melambangkan laut dan langit Yunani, sedangkan putih menyimbolkan kesucian perjuangan kemerdekaan. Di sudut kiri atas ada lambang Salib Orthodox Yunani.
  • Selama pendudukan Nazi di Yunani pada Perang Dunia II, banyak orang Yahudi dimasukkan ke kamp konsentrasi di seluruh Eropa. Populasi Yahudi di Yunani menurun tajam dari 78.000 menjadi 13.000 sampai berakhirnya perang.
  • Di masa lalu, Yunani pernah merupakan kumpulan batu yang semuanya berada di bawah air. Ketika terjadi pergeseran lempeng tektonik di Eropa, hal itu menyebabkan gunung-gunung di Yunani bergeser. Lempeng itu terus bergerak, dan menyebabkan gempa bumi di seluruh Aegean.
  • Sampai akhir 1990-an, ancaman terbesar Yunani adalah Turki, sebagai dua negara yang memiliki perselisihan sejarah atas Cyprus dan wilayah lainnnya selama beberapa dekade. Namun, setelah mendapatkan bantuan usai hancur akibat gempa bumi pada 1999, hubungan kedua negara itu semakin membaik.
  • Di masa sekarang, setiap pria di Yunani harus menjalani wajib militer selama 1 tahun sampai 18 bulan. Pemerintah Yunani menghabiskan 6 persen dari PDB per tahunnya untuk anggaran militer.
  • Tentara (hoplites) pada masa Yunani Kuno memakai baju besi seberat 70 pound (33 kilogram). Bisa dibayangkan bagaimana beratnya.
  • Penyair Inggris, Lord Byron (1788-1824) sangat terpesona pada Yunani. Ketika Yunani mengalami perang kemerdekaan melawan Turki, Lord Byron pergi ke Yunani untuk membantu negara itu. Di sana ia terserang demam, dan meninggal pada usia 36 tahun. Orang Yunani menganggapnya sebagai pahlawan nasional.
  • Dalam sejarah, Yunani sangat mencintai laut. Dengan lebih dari 1.800 kapal dagang yang beroperasi, Yunani menjadi armada terbesar di dunia. Aristotle Onassis dan Stavros Niarchos (“Yunani Emas”) adalah beberapa kapal bisnis Yunani yang terkenal.
  • Kapal Yunani menggunakan 70 persen dari total armada pedagang Uni Eropa. Menurut undang-undang Yunani, 75 persen kru kapal harus orang Yunani asli.
  • Kira-kira 98 persen dari orang di Yunani beretnis Yunani. Turki adalah kelompok minoritas terbesar. Kelompok minoritas lainnya adalah etnis Albania, Makedonia, Bulgaria, Armenia, dan Gipsi.
  • Dalam setahun, Yunani menikmati sinar matahari lebih dari 250 hari, atau 3.000 jam.
  • Yunani memiliki sekitar 9.000 mil garis pantai, dan terpanjang ke-10 di dunia. Tidak ada tempat di Yunani yang melebihi 85 mil (137 kilometer) dari permukaan air.
  • Dibandingkan negara lain mana pun di dunia, Yunani memiliki museum arkeologi paling banyak.
  • Sepakbola adalah olahraga nasional Yunani.
  • Di Eropa, Yunani memiliki keragaman fauna terkaya, terdiri dari 116 spesies mamalia, 18 amfibi, 59 reptilia, 240 burung, dan 107 ikan. Namun, sekitar separuh spesies mamalia endemik di sana terancam mati.
  • Dari jutaan burung yang melakukan migrasi di dunia, ada ribuan burung yang berhenti di tanah basah Yunani dalam migrasinya. Sekitar 100.000 burung dari Eropa Utara dan Asia menghabiskan musim dinginnya di sana.
  • Tanda atau cap kebiaraan telah menjadi bagian warisan alamiah dan budaya Yunani, bahkan telah tergambar di buku The Odyssey. Kepala cap biara juga ada di uang koin Yunani tahun 500 SM. Namun sekarang hanya 250 cap biara yang masih ada.
  • Yunani adalah pihak pertama yang menata tempat sampah perkotaan di Eropa, sekitar tahun 500 SM.
  • Di Yunani, orang yang mati selalu dikubur, karena Gereja Orthodox Yunani melarang pembakaran mayat. Lima tahun setelah pemakaman, jasad kemudian digali, dan tulang-tulangnya diambil untuk dibasuh dengan anggur, lalu dikubur kembali.
  • Parthenon, yang menjadi bangunan terkenal di Yunani, dibangun pada 2.500 tahun yang lalu dan bertempat di Acropolis di atas kota Athena. Bangunan itu dihiasi pahatan berwarna-warni dan patung besar dewa Athena dari gading dan emas, dan pembangunannya memakan waktu 15 tahun.
  • Candi Artemis Yunani dibangun di dua tempat suci pada awal abad ke-8 SM, dan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.
  • Dari masa ke masa, terjadi perubahan dalam seni pahat Yunani. Jika sebelumnya seni pahat biasa menampilkan sikap kaku dan wajah yang kosong, seni pahat Yunani mulai menghadirkan patung orang yang menampilkan gerakan dan emosi.
  • Sekitar 7 persen dari seluruh marmer yang diproduksi di dunia berasal dari Yunani. Selain itu, Yunani adalah produsen penting bunga karang laut.
  • Yunani memiliki perselisihan dengan Inggris, berkenaan dengan masalah marmer Elgin (Yunani lebih suka menyebutnya marmer Parthenon). Marmer itu disimpan di British Museum London. Pemerintah Inggris mengklaim marmer itu diperoleh dengan membeli dari Raja Elgin, sementara Yunani menyatakan pembelian itu ilegal.
  • Ada keju nasional di Yunani, yang disebut feta, yang dibuat dari susu kambing. Feta telah ada sejak zaman Homer, dan konsumsi per kapita keju feta di Yunani adalah tertinggi di dunia.
  • Setiap tahun, Yunani diperkirakan dikunjungi 16,5 juta turis. Angka itu lebih banyak dari seluruh jumlah penduduk negara tersebut. Industri turisme di Yunani menyumbang hampir 16 persen PDB.
  • Rhodes adalah lokasi paling populer bagi turis di Yunani. Kota itu terkenal karena termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno, Colossus of Rhodes. Dari nama itu pula istilah “colossal” berasal. Semula, di tempat itu terdapat patung Dewa Helios setinggi 98 kaki (30 meter), dengan kakinya mengangkangi pelabuhan, namun rusak akibat gempa bumi pada tahun 226 SM.
  • Dibandingkan negara lain, Yunani memiliki banyak bandara internasional, karena banyaknya turis asing yang datang berkunjung ke negeri itu.
  • Di Yunani, banyak warga yang merasa aman meninggalkan rumahnya tanpa dikunci. Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya orangtua (khususnya ayah) tinggal bersama keluarga anaknya sampai meninggal. Selain itu, banyak anak lelaki yang tinggal bersama keluarganya sampai menikah.
  • Banyak bangunan di Yunani seperti pintu, jendela, meubel, dan lainnya, dicat dengan warna biru-hijau, khususnya di pulau Cyclades. Hal itu dilakukan karena kepercayaan kuno bahwa warna biru akan mengusir kejahatan. Mereka menamakan warna tersebut “kyanos”, yang merupakan perpaduan antara “cyan” dan “cyanide.   
  • Di seluruh Eropa, Yunani memiliki tingkat perceraian terendah, namun memiliki tingkat aborsi tertinggi.
  • Saat melambaikan tangan, orang Yunani melambai dengan tidak membuka telapak tangan, karena hal itu dianggap menghina. Orang Yunani melambaikan tangan dengan telapak tertutup.
  • Setelah mengucapkan selamat, orang Yunani menghirup napas melalui bibir yang berkerut, seolah meludah. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah seseorang menyambut ucapan selamat dari “mata yang jahat”.
  • Setiap tahun, para pekerja di Yunani mendapatkan satu bulan gaji untuk liburan.
  • Sekitar 10 persen dari gaji pekerja Yunani diambil untuk pajak, dan 10 persen lainnya untuk perawatan kesehatan nasional. Pemerintah menggratiskan rumah sakit dan pelayanan medis lainnya.
  • Sekitar 10 persen orang dewasa Yunani tidak bekerja. Bahkan lulusan perguruan tinggi pun susah mendapatkan pekerjaan di sana.
  • Mata uang Yunani, drachma, telah berusia 2.650 tahun, dan merupakan mata uang tertua di Eropa. Pada tahun 2002, drachma diganti dengan mata uang euro.
  • Pada tahun 2009, tingkat korupsi pemerintah Yunani sebesar US$ 1 miliar. Di masa sekarang, utang nasional Yunani lebih besar dari perekonomian negara. Sementara tingkat kreditnya, atau kemampuannya membayar utang, termasuk paling rendah di wilayah euro. Karena kenyataan itu, IMF pun mempertimbangkan paket jaminan keuangan untuk negara yang berutang berat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7719897387659366849

Posting Komentar

  1. 98 kaki = 303 meter?
    kayaknya kebalik tuh 303 kaki = 98 meter
    atau 98 kaki = 30,3 meter (ada komanya)

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item