Di Mana Habitat Kelinci?

Di Mana Habitat Kelinci?
Ilustrasi/bobo.grid.id
Kelinci adalah hewan kosmopolit, sehingga bisa beradaptasi di berbagai belahan dunia. Mereka biasa hidup secara berkelompok. Kelinci biasa hidup dan berkembang di sarang atau lorong bawah tanah yang digali, di hutan, semak-semak belukar, juga padang rumput. Selain itu, beberapa jenis kelinci ada yang mampu hidup di lingkungan ekstrem yang panas dan kering.

Lebih dari setengah populasi kelinci di dunia berhabitat di Amerika Utara. Hewan bertelinga panjang itu juga ada di Eropa, Jepang, Sumatera, India, dan separuh wilayah Afrika. Populasi kelinci Eropa merupakan jenis kelinci yang paling mendominasi di seluruh dunia.

Persebaran kelinci juga sampai daerah yang kering dan panas, yaitu di semenanjung Arabia. Di sana dapat dijumpai kelinci di daerah Tayef, Oman, dan Saudi Arabia.

Berdasarkan jenisnya, ada beberapa spesies kelinci, di antaranya kelinci gurun atau kelinci audubon di wilayah Amerika Tengah, kelinci Eropa di wilayah Spanyol dan Portugal, kelinci Brazil di wilayah Amerika Selatan dan Tengah, kelinci rawa di bagian timur dan selatan Amerika Serikat, kelinci gunung di wilayah Kanada, kelinci New England, kelinci pygmy di wilayah Amerika Utara, dan kelinci belang Sumatera atau kelinci telinga pendek Sumatera yang hanya ada di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Barat. Kelinci ini termasuk dalam spesies yang terancam punah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 4512647144589439665

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item