Apa yang Disebut Teknologi?

Apa yang Disebut Teknologi?
Ilustrasi/umm.ac.id
Dalam dua ratus tahun terakhir, penggunaan istilah “teknologi” (technology) telah berubah secara signifikan. Sebelum abad ke-20, istilah itu tidak lazim dalam bahasa Inggris, dan biasanya merujuk pada penggambaran atau pengkajian seni terapan.

Istilah itu sering dihubungkan dengan pendidikan teknik, seperti di Institut Teknologi Massachusetts (didirikan pada tahun 1861). Istilah “teknologi” mulai menonjol pada abad ke-20, seiring bergulirnya Revolusi Industri Kedua.

Pada dasawarsa 1930-an, istilah teknologi tidak hanya merujuk pada “pengkajian” seni-seni industri, tetapi juga pada seni-seni industri itu sendiri.

Pada 1937, seorang sosiolog Amerika, Read Bain, menulis bahwa, “technology includes all tools, machines, utensils, weapons, instruments, housing, clothing, communicating and transporting devices and the skills by which we produce and use them (teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, piranti pengangkut/pemindah dan pengomunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu).”

Definisi yang diajukan Bain masih lazim dipakai oleh kaum terpelajar hingga saat ini, terkhusus ilmuwan sosial. Karenanya bisa dikatakan bahwa teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam melakukan perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka.

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, sampai internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global, tanpa lagi dibatasi ruang dan waktu.

Namun, meski begitu, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari tombak sampai senjata nuklir.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Istilah Ilmiah 3558649192569085733

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item