Apa yang Disebut Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UPU?

Apa yang Disebut Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UPU?
Ilustrasi/ec.europa.eu
Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organisation, ILO) adalah wadah yang menampung isu buruh internasional, di bawah naungan PBB. Berkantor di Jenewa, Swiss, ILO didirikan pada 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I.

Organisasi ini menjadi bagian PBB, setelah pembubaran LBB (Liga Bangsa-Bangsa) dan pembentukan PBB pada akhir Perang Dunia II.

Sekretariat organisasi ini dikenal sebagai Kantor Buruh Internasional, dan ketuanya sekarang adalah Guy Rider. Pada 1969, ILO menerima penghargaan Nobel Perdamaian. Indonesia menjadi anggota ILO pada 11 Juni 1950.

Sedangkan UPU (Universal Postal Union) adalah organisasi internasional yang didirikan pada 9 Oktober 1874. UPU merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan perangko. Dalam bahasa Indonesia, UPU disebut Kesatuan Pos Sedunia.

Organisasi yang bermarkas di Bern, Swiss, ini memiliki anggota lebih dari 200 negara, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institusi dan pusat di seluruh dunia. UPU memiliki dua program utama yang disebarluaskan melalui pengiriman barang dan perangko.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 8102660724770866539

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item