Apa Penyebab Perang Saudara di Inggris?

 Apa Penyebab Perang Saudara di Inggris?
Ilustrasi/varldenshstoria.se
Pecahnya perang saudara di Inggris dimulai pada tahun 1603. Pada waktu itu, Inggris dipimpin seorang raja baru, yaitu James I. Dia penguasa pertama dari monarki Stuart, dan menguasai bukan hanya Inggris serta Wales, tapi juga Skotlandia.

James I sangat yakin bahwa Tuhan memberikan hak kepada raja untuk memerintah, dan tidak seorang pun yang dapat mempertanyakan wewenang tersebut.

Pandangan dan tingkah laku James I yang arogan menjadikan dia sangat tidak populer. Putranya, Charles I, yang menggantikannya menjadi raja pada tahun 1625, lebih tidak populer lagi. Kenyataan itulah yang lalu memicu terjadinya perang saudara di Inggris.

Charles I ingin berkuasa tanpa konsultasi parlemen, dan keinginan itu mendapat tentangan yang luar biasa. Marah karena perlakuan itu, Charles mencoba menahan lima anggota parlemen dan menuduh mereka melakukan pengkhianatan. Tindakan itu membuat dia semakin dibenci, hingga terpaksa melarikan diri ke London.

Pada Agustus 1642, Charles I menyatakan perang terhadap pendukung parlemen (yang disebut Roundheads, karena bentuk topi mereka), dan perang saudara pun pecah di Inggris.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 6992404072453326765

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item