Negara-negara mana saja yang Terbesar di Dunia?

 Negara-negara mana saja yang Terbesar di Dunia?
Ilustrasi/istimewa
Dunia yang kita tinggali ini memiliki luas total wilayah sekitar 510 juta kilometer persegi. Dari luas total itu, sebanyak 70,9 persen atau sekitar 148,94 juta kilometer persegi berupa air, sedangkan 29,1 persen atau sekitar 361,132 juta kilometer persegi berupa daratan.

Di wilayah perairan atau samudera, dunia kita terbagi menjadi lima samudera, yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Antartika (Samudera Selatan), dan Samudera Arktik. Sedangkan wilayah daratan dibagi menjadi enam benua, yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Antartika.

Di atas wilayah dunia yang luas itu, terdapat banyak negara di berbagai benua, dengan luas wilayah yang berbeda-beda. Rusia menjadi negara paling besar di dunia, dengan luas wilayah sekitar 17 juta kilometer persegi.

Sedangkan Vatikan menjadi negara paling kecil di dunia, dengan luas wilayah sekitar 0,44 kilometer persegi. Indonesia menempati peringkat ke-15 dalam hal ukuran wilayah, dengan luas sekitar 1,9 juta kilometer persegi.

Luas wilayah dihitung berdasarkan keseluruhan luas wilayah di bawah pemerintahan negara bersangkutan, termasuk daratan dan air (laut). Berikut ini sepuluh negara paling besar di dunia, berdasarkan luas wilayahnya.

Rusia

Federasi Rusia adalah negara yang membentang dengan luas di daerah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.098.242 kilometer persegi, Rusia adalah negara terbesar di dunia.

Luas wilayahnya sekitar dua kali wilayah Republik Rakyat Cina, Kanada, atau Amerika Serikat. Luas daratannya sekitar 16.377.742 kilometer persegi, sedangkan luas wilayah perairannya sekitar 720.500 kilometer persegi.

Negara yang ada Benua Eropa ini sebelumnya menjadi bagian Uni Soviet. Ketika Uni Soviet runtuh, bisa dibilang Rusia adalah ahli waris utamanya. Rusia mewarisi 50 persen jumlah penduduk, dua pertiga luas wilayah, dan sekitar 50 persen aset-aset ekonomi serta persenjataan Uni Soviet.

Kota- kota besar di Rusia di antaranya adalah Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Volgograd, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk.

Kanada

Secara historis, Kanada dikenal sebagai Dominion of Canada, yang merupakan negara paling utara di Amerika Utara. Kanada adalah federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori, dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Negara ini dibentuk pada 1867 dengan Undang-Undang Konfederasi.

Wilayah Kanada seluas 9.984.670 kilometer persegi, dengan daratan seluas 9.093.507 kilometer persegi dan lautan seluas 891.163 kilometer persegi. Negara yang terletak di Benua Amerika ini beribukota di Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal serta Perdana Menteri.

Kanada adalah bekas jajahan Prancis juga Britania Raya, dan menjadi anggota La Francophonie serta Negara Persemakmuran. Kanada digolongkan negara maju, dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara dengan sistem republik federal, yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada) dan Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara.

Di sebelah selatan, Amerika berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat, Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik, dan di sebelah timur dengan Samudera Atlantik.

Total luas wilayah Amerika mencapai 9.826.675 kilometer persegi, yang terdiri dari daratan seluas 9.161.966 kilometer persegi dan lautan seluas 664.709 kilometer persegi. Negara yang ada di Benua Amerika itu merupakan negara yang multietnis dan multikultural, karena banyaknya imigran dari seluruh penjuru dunia yang datang dan menetap di sana.

Cina

Republik Rakyat Cina didirikan pada 1949. Walaupun sering dilihat sebagai negara komunis, namun kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu, meski pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik, terutama pada perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan.

Luas wilayah Cina mencapai 9.596.961 kilometer persegi, dengan daratan seluas 9.569.901 kilometer persegi dan lautan seluas 27.060 kilometer persegi. Negara yang ada di Benua Asia ini merupakan negara terbesar di Asia Timur, dengan mayoritas penduduk bersuku bangsa Han.

Cina berbatasan dengan 14 negara, yaitu Afghanistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan, dan Vietnam.

Brazil

Dengan luas wilayah mencapai 8.514.877 kilometer persegi, Republik Federal Brazil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Brazil juga merupakan negara paling timur di Benua Amerika. Luas daratannya mencapai 8.459.417 kilometer persegi, dan luas lautnya mencapai 55.460 kilometer persegi.

Negara yang ada di Benua Amerika ini berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik. Nama Brazil diambil dari nama kayu brazil, sejenis kayu lokal di sana.

Brazil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Brazil juga menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brazil adalah bahasa Portugis.

Australia

Nama resmi Australia adalah Persemakmuran Australia. Negara yang terletak di Benua Australia ini memiliki luas wilayah 7.741.220 kilometer persegi, dengan daratan seluas 7.682.300 kilometer persegi dan lautan seluas 58.920 kilometer persegi. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin.

Australia adalah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindia serta Samudera Pasifik.

Australia berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di sebelah utara; dengan Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di sebelah timur laut; dan dengan Selandia Baru di sebelah tenggara.

India


Republik India adalah negara di Benua Asia yang memiliki luas wilayah 3.287.263 kilometer persegi, dengan daratan seluas 2.973.193 kilometer persegi dan lautan seluas 314.070 kilometer persegi.

India memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, yang tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Selain berpenduduk banyak, India juga dikenal sebagai negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia.

India terletak di Asia Selatan, dengan garis pantai sepanjang 7.000 kilometer, dan merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. India berbatasan dengan Pakistan, Cina, dan Myanmar, serta bersebelahan dengan Bangladesh, Nepal, Bhutan, Afganistan, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia.

Argentina

Republik Argentina adalah negara Amerika Latin yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudera Atlantik di selatan. Lokasi yang unik itu membuat Argentina dikenal sebagai “negara paling selatan di selatan”, yang dalam bahasa Spanyol disebut “Sur del sur”.

Luas wilayah Argentina sebesar 2.780.400 kilometer persegi, dengan daratan seluas 2.736.690 kilometer persegi dan lautan seluas 43.710 kilometer persegi. Negara yang ada di Benua Amerika ini beribukota di Buenos Aires, yang merupakan salah satu kota metropolitan terpadat di dunia.

Argentina berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, dengan Brazil dan Uruguay di timur laut, dan dengan Chili di sebelah barat. Nama resminya untuk kepentingan legislatif adalah Negara Argentina (Nacion Argentina).

Kazakhstan

Nama resmi Kazakhstan adalah Respublikasi Qazaqstan Federalsani. Kazakhstan merupakan negara antarbenua, karena sebagian besar wilayahnya masuk dalam kawasan Asia Tengah, sementara sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur.

Wilayah Kazakhstan terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, dengan luas mencapai 2.724.900 kilometer persegi. Daratannya seluas 2.699.700 kilometer persegi, sementara lautannya seluas 25.200 kilometer persegi.

Sebagian besar wilayah Kazakhstan berbatasan langsung dengan Rusia, terutama di sebelah utara dan barat. Di sebelah timur, berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Cina, sementara di sebelah selatan berbatasan dengan Uzbekistan, Kirgistan, dan Laut Kaspia.

Di negara ini banyak terdapat etnis Rusia. Tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia, Baikonur, juga terletak di Kazakstan.

Sudan

Sudan adalah negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Nama resminya adalah Republic of Sudan. Negara ini memiliki luas wilayah 2.505.810 kilometer persegi.

Sebelum referendum memisahkan Sudan menjadi dua bagian, Sudan merupakan negara terluas di Afrika dan di daerah Arab. Negara ini berbatasan dengan Mesir di sebelah utara, dengan Laut Merah di timur laut, dengan Kongo dan Afrika Tengah di barat daya, dengan Chad di barat, dan dengan Libya di barat laut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1072353174077235737

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item