Mengapa Terjadi Musim Hujan?

Mengapa Terjadi Musim Hujan?
Ilustrasi/istimewa
Musim hujan adalah masa ketika hujan yang sangat lebat turun di negara-negara di daerah tropis. Musim hujan paling umum terjadi di dekat Ekuator. Musim hujan terjadi ketika angin musiman bertiup membawa udara lembap dari laut.

Tanaman pangan penting, semisal padi, bergantung sepenuhnya pada musim hujan untuk menyediakan kondisi tumbuh yang tepat. Apabila hujan tidak turun pada musimnya, tanaman padi di sawah bisa mati dan tidak bisa dipanen. Akibatnya bisa terjadi masalah kekurangan pangan.

Ada pula angin khusus yang disebut angin muson (monsoon wind), yaitu angin yang berubah arah sesuai dengan musim. Di India, angin musim bertiup ke selatan sebagai angin yang panas, kering di musim dingin, dan bertiup ke utara di musim panas, membawa hujan yang lebat.

Kadang-kadang, karena suatu sebab, hujan tidak turun pada musimnya. Berbagai kebudayaan memiliki cara atau upaya untuk “memanggil” hujan agar turun. Suku Aborigin, misalnya, mempercayai bahwa jika seekor possum dimasak di tepi sungai, akan muncul suara mendesis.

Suara yang timbul itu akan mengganggu ular pelangi (rainbow snake), yang mereka percaya akan merayap di bawah tanah ke arah sumber suara. Ketika ular itu bergerak, cuaca akan berubah menjadi mendung tebal, dan hujan lebat akan turun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 3190243772193893933

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item