Mengapa Terjadi Gempa Bumi?

Ilustrasi/tempo.co
Bumi yang kita tinggali sebenarnya tidak pernah diam. Selain terus berputar pada porosnya, bumi juga bergerak mengitari matahari. Akibat putaran dan gerakan yang terus menerus itu, bumi pun bisa dibilang tak pernah tenang. Setiap tiga puluh detik, tanah bisa tiba-tiba bergerak dan bergetar. Namun, karena sebagian besar gerakan itu sangat lemah, kita pun mungkin tidak merasakannya.

Kadang-kadang, gerakan tanah bumi sangat kuat, sehingga menimbulkan bencana. Terjadi retakan pada tanah, jalan-jalan rusak, dan bangunan-bangunan roboh. Ketika itu terjadi, kita pun menyebutnya gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi di mana saja, dengan efek kehancuran yang relatif sama.

Gempa bumi terjadi, karena bumi yang kita tinggali terbuat dari bagian-bagian bergerak yang disebut lempeng. Ketika lempeng-lempeng itu saling bergeser atau yang satu masuk ke lempeng yang lain, maka batuan bisa tiba-tiba bergeser dan terjadi gelombang serta guncangan yang menyebar.

Kegiatan pertambangan dan membuat terowongan diketahui menjadi penyebab gempa bumi di daerah-daerah yang telah terdapat ketegangan karena gerakan kerak bumi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Bumi 8852581169600569778

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item