Mengapa Orang Bisa Membuat Catatan Gempa Bumi?

Ilustrasi/ugm.ac.id
Kita pasti sering mendengar berita yang menyebutkan gempa bumi terjadi di suatu daerah dengan kekuatan sekian skala Richter, dari ukuran yang paling kecil sampai yang paling besar. Bahkan, kadang-kadang, di daerah kita terjadi gempa bumi yang ringan, dan kita tidak merasakan gempa itu, namun kemudian muncul berita bahwa baru saja terjadi gempa di tempat kita dengan kekuatan tertentu. Bagaimana orang bisa membuat catatan mengenai gempa bumi?

Ketika terjadi gempa bumi di suatu tempat, ilmuwan atau petugas yang khusus memantau masalah gempa bisa membuat catatan lengkap dan tepat mengenai gempa yang terjadi. Mereka memiliki alat khusus yang disebut seismograf. Studi mengenai gempa bumi disebut seismologi.

Seismograf menangkap getaran yang disebabkan oleh sebuah massa batuan yang bergeser terhadap massa batuan yang lain. Energi dari pergeseran itu berubah menjadi getaran dalam batuan. Getaran itu bisa merambat sampai beberapa ribu kilometer, dan getaran itulah yang ditangkap oleh seismograf, yang lalu dicatat oleh ilmuwan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Bumi 2634645094878423560

Posting Komentar

  1. boleh bertanya?
    apa kegunaan penghitungan gempa bagi manusia?
    "kalau gak boleh bertanya gak dijawab gak papa...."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencatatan dan penghitungan gempa, salah satunya, untuk mengukur berapa kemungkinan kekuatan gempa yang (mungkin) terjadi, sehingga bisa dilakukan antisipasi.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item