Mengapa Ada Garis Salju?

Ilustrasi/pixabay.com
Garis salju biasa terlihat di pegunungan. Garis itu menandai daerah yang di atas garis tersebut tertutup salju secara abadi.

Titik paling tinggi dari sebuah gunung jauh lebih dingin daripada titik yang lebih rendah. Salju yang jatuh di daerah yang lebih tinggi tidak pernah mencair, karena cuaca yang sangat dingin. Namun, pada musim panas, cuaca yang lebih hangat mulai mencairkan sebagian salju. Hal itu menyebabkan garis salju bergeser naik ke arah puncak gunung.

Setelah berbulan-bulan musim panas berlalu, dan bulan-bulan musim dingin kembali, garis salju bergeser lagi lebih ke bawah. Di daerah yang lebih dingin, garis salju dekat dengan permukaan tanah, namun garis salju lebih dekat dengan Ekuator di tempat dengan udara lebih hangat.

Meski garis salju di pegunungan mudah bergeser, namun pegunungan yang sangat tinggi semacam pegunungan Rocky di Amerika Selatan, tidak mengalami pergeseran garis salju yang sangat jelas. Penyebabnya karena tempat tersebut sangat tinggi. Iklimnya sangat dingin pada musim dingin, dan musim panas hanya berlangsung sebentar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 8460811729536400437

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item