Kapan Nepal Menjadi Republik?

Ilustrasi/kompas.com
Nepal dibentuk melalui Persatuan Nepal pada 21 Desember 1768, dengan Prithvi Narayan Shah sebagai raja pertama. Terletak di kawasan pegunungan Himalaya, wilayah Nepal terkurung daratan di Asia Selatan yang berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara, serta berbatasan dengan India di barat, timur, dan selatan.

Sebelumnya, negara ini berstatus protektorat setelah dikalahkan Inggris dalam perang tahun 1815. Hingga tahun 2006, Nepal adalah satu-satunya kerajaan Hindu di dunia. Pada tahun 2006, parlemen Nepal menyatakan Nepal diubah menjadi negara sekuler. Kemudian, pada 28 Mei 2008, Nepal mengganti sistem pemerintahannya dari kerajaan menjadi republik, sehingga secara resmi nama Kerajaan Nepal berubah menjadi Republik Nepal.

Nepal terbagi menjadi 14 zona dan 75 distrik yang dikelompokkan menjadi lima zona pengembangan. Setiap distrik dikepalai oleh kepala distrik, yang bertanggung jawab menjaga hukum dan ketertiban serta mengkoordinasi kerja dinas-dinas pemerintah.

Meskipun wilayahnya kecil, negara ini memiliki lanskap yang bervariasi, mulai dari Terai yang lembap di selatan, sampai Himalaya yang tinggi di utara. Nepal memiliki delapan dari sepuluh puncak tertinggi dunia, termasuk Gunung Everest dekat perbatasan Cina. Kathmandu merupakan ibukota dan kota terbesar di negara itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Geografi 3840454870462386678

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item