Bagaimana Salju Terbentuk?

Ilustrasi/kompas.com
Salju terbentuk ketika air dalam awan membeku menjadi kristal es yang kecil. Air berubah menjadi salju pada temperatur di atas minus 40 derajat Celcius. Udara lembap yang membeku membungkus partikel debu yang kecil atau zat-zat kimia yang mengambang di dalam awan di udara. Partikel-partikel itu menjadi inti atau nukleus dari setiap kristal.

Ukuran kristal salju bertambah ketika lebih banyak air yang mengkristal membungkus nukleus tertentu. Hal itu terjadi lebih banyak jika udara lembap.

Keping salju terbentuk ketika sejumlah kristal bergabung menjadi satu kesatuan. Struktur keping salju sering kali indah dan berbentuk segi enam. Konon, tidak ada dua keping salju yang identik atau kembar. Keping itu jatuh dari awan ke tanah sebagai salju.

Sekadar catatan, orang-orang Eskimo yang hidup di padang salju biasanya membangun rumah yang dibuat sepenuhnya dari salju, yang disebut igloo. Mereka memotong bongkahan salju dan membangun igloo seolah bongkahan salju itu batu bata. Karena rumah atau igloo itu dibangun di tempat yang dingin, maka igloo pun tidak mencair.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 4262405737035618396

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item