Apakah Kotoran Telinga Perlu Dibersihkan?

Apakah Kotoran Telinga Perlu Dibersihkan?
Ilustrasi/tribunnews.com
Umumnya, orang membersihkan kotoran telinga dengan tujuan agar telinga lebih bersih. Biasanya mereka menggunakan cotton bud atau sejenisnya untuk melakukan hal itu. Padahal, bisa jadi, proses pembersihan tersebut justru bisa berbahaya.

Kotoran telinga diproduksi oleh kelenjar-kelenjar di telinga bagian luar, untuk melindungi telinga bagian dalam dari infeksi. Substansi yang lengket itu berfungsi mencegah debu, kotoran, atau serangga masuk ke dalam telinga. Dengan kata lain, sesuatu yang kita sebut “kotoran telinga” itu mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran telinga.

Sebenarnya, telinga dapat membersihkan diri sendiri. Kotoran yang ada di sana akan bergerak perlahan ke atas, lalu keluar dari telinga, mengering, kemudian rontok, atau tercuci ketika kita keramas. Pada waktu mandi, bersihkan saja bagian luar telinga.

Bagaimana dengan pembersihan telinga menggunakan cotton bud? Andrew Cheng, M.D., seorang spesialis THT di Manhattan Eye, Ear and Throat Hospital, menyatakan, “Saluran telinga kita seperti jalan buntu. Membersihkan kotoran dengan cotton bud hanya akan membuat kotoran lebih masuk ke dalam. Selain itu, proses tersebut juga dapat menggores saluran telinga, atau membocorkan gendang telinga.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3797688090581382512

Posting Komentar

  1. kadang gatel kalo ga dibersiin :D
    aku sih ngebersihin 1 bulan sekali, itupun kalo inget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, John. Meski paham kalau kotoran telinga nggak usah dibersihin, tetap aja kadang aku bersihin karena gatal. :D

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item