Apakah Ada Danau di Planet Mars?

Apakah Ada Danau di Planet Mars?
Ilustrasi/istimewa
Planet Mars disebut-sebut sebagai planet yang memiliki kemungkinan dapat dihuni manusia. Karenanya, para ilmuwan pun aktif meneliti planet tersebut, untuk mendapat semakin banyak data dan segala kemungkinan yang ada. Di antara temuan mereka adalah keberadaan danau di Mars.

Peneliti Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) menemukan adanya danau di Planet Mars, dengan bantuan analisis data dari wahana Mars Reconaissance Orbiter (MRO). Hasil analisis menyebutkan adanya mineral karbonat dan tanah liat yang biasanya terbentuk jika ada air. Mineral itu ditemukan di dasar Kawah McLaughlin yang memiliki kedalaman 2,2 kilometer.

Dalam jurnal Nature Geoscience, NASA menyatakan publikasi temuan itu dengan kalimat, “Hasil observasi baru ini menunjukkan adanya formasi karbonat dan tanah liat di danau yang (diduga pernah) disuplai oleh air tanah, di dalam cekungan kawah yang tertutup.”

Beberapa peneliti berpendapat, interior kawah menerima air. Area di bawah tanah Mars yang menyuplai air bisa jadi merupakan lingkungan yang basah, dan habitat potensial untuk mendukung kehidupan.

Joseph Michalski, yang memimpin riset tersebut, mengungkapkan, “Observasi terakhir ini memberikan bukti terbaik bahwa karbonat terbentuk di dalam lingkungan danau, bukan berasal dari lingkungan luar kawah.”

Peneliti menduga, danau tersebut disuplai dari bawah tanah. Karena tidak ada saluran yang menghubungkannya dengan wilayah luar. Danau tersebut memiliki diameter 92 kilometer, dan terdapat di dataran rendah.

Rick Zurek, peneliti dari Jet Propulsion Laboratory NASA, menyatakan, “Penemuan ini menjadi indikasi bahwa Mars lebih kompleks dari yang diduga, dengan beberapa area yang lebih menyuguhkan tanda-tanda kehidupan dibandingkan lainnya.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 7301564770618102745

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item