Apa Fungsi Ingus bagi Tubuh Kita?

Ilustrasi/kompas.com
Ingus adalah cairan lendir yang diproduksi oleh lapisan mukosa hidung. Keberadaan ingus adalah sesuatu yang normal, yang terjadi atau dimiliki semua orang. Bahkan, keberadaan ingus punya fungsi atau manfaat penting bagi tubuh kita.

Ingus atau lendir yang terdapat pada hidung berfungsi untuk menyaring kotoran atau partikel lain agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Ketika hidung kita menghirup udara untuk bernapas, selalu ada kemungkinan kita juga akan menghirup abu, kotoran, debu, asap, atau zat semacamnya, yang terbawa oleh udara dan ikut masuk ke dalam hidung. Ketika itu terjadi, maka lendir dalam hidung akan menjebak partikel kecil dalam zat tersebut agar tidak mengapung masuk ke paru-paru.

Pada dasarnya, bagian tubuh seperti hidung, sinus, saluran pencernaan, mulut, dan paru-paru, memiliki cairan lendir yang terdapat di bagian permukaannya. Lendir itu bekerja sebagai selimut mulut atau pelindung pada permukaan jaringan, untuk mencegah jaringan di bawahnya mengalami kekeringan. Lendir juga bertindak sebagai antikuman (sistem pertahanan) dan menjalankan fungsinya secara normal.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2176820069271592009

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item