Sejak Kapan Stand-Up Comedy Dikenal di Dunia?

Ilustrasi/deyikborneo.com
Di antara banyak jenis komedi, stand-up comedy menjadi salah satu jenis komedi paling populer saat ini. Stand-up comedy adalah seni melawak (komedi) yang disampaikan di depan penonton secara live—biasanya beberapa menit, namun kadang sampai cukup panjang.

Sejarah stand-up comedy dimulai sejak abad ke-18 di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya, perkembangan stand-up comedy juga ditemui di berbagai benua. Di Amerika Serikat, stand-up comedy sudah ada sejak abad ke-18, dan makin berkembang di tahun 1960-an.

Di sana, pelaku komedian ini biasa disebut “stand up comic” atau secara singkat disebut “comic”. Para comic biasanya memberikan beragam cerita humor, lelucon pendek, atau kritik-kritik berupa sindiran terhadap sesuatu yang sifatnya cenderung umum, dengan berbagai cara sajian gerakan dan gaya. Beberapa comic kadang juga menggunakan alat peraga untuk meningkatkan performa mereka di atas panggung. Umumnya, stand-up comedy diadakan di kafe, bar, universitas, atau teater.

Saat akan tampil di atas panggung, seorang comic umumnya telah memiliki konsep atau materi yang akan disampaikannya sebagai bahan lelucon. Karenanya, kadang-kadang ada comic yang membawa skrip atau catatan kecil untuk memudahkannya dalam menyampaikan lelucon/komedi kepada penonton.

Beberapa comic luar negeri yang sangat terkenal di antaranya Jerry Seinfield, Woody Allen, Rowan Atkinson, Chris Rock, Will Ferrell, Jim Carrey, dan lainnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 43684566482537030

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item