Pulau-pulau yang Dimiliki Lebih dari Satu Negara

Ilustrasi/hispaniolarealestate.com
Dengan berbagai alasan dan latar belakang, beberapa pulau di dunia dimiliki oleh lebih dari satu negara. Pulau Kalimantan, misalnya, dibagi dalam tiga wilayah yang masuk hak administratif Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sementara Pulau Hispaniola dimiliki oleh Haiti dan Republik Dominika.

Umumnya, pembagian wilayah suatu pulau terjadi setelah era penjajahan. Karena suatu kesepakatan, sebuah pulau kemudian dikuasai oleh negara berbeda. Namun, ada pula suatu pulau dimiliki oleh lebih dari satu negara karena sebab yang bersifat alami. Berikut ini pulau-pulau di berbagai belahan dunia yang dimiliki oleh lebih dari satu negara.

Papua

Separuh atau 50 persen wilayah papua dimiliki Indonesia, dan separuhnya lagi dimiliki Papua Nugini. Papua adalah pulau terluas kedua di dunia, dengan luas 785.753 kilometer persegi.

Pulau yang berbentuk menyerupai burung ini terletak di sebelah utara Australia. Papua dibagi menjadi dua wilayah—bagian baratnya dikuasai Indonesia, dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terluas ketiga di dunia, setelah Greenland dan Papua, dengan luas mencapai 748.168 kilometer persegi. Pulau yang terkenal dengan sebutan Borneo ini terletak di sebelah utara Pulau Jawa, dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Kalimantan merupakan satu-satunya pulau di dunia yang dimiliki oleh tiga negara, yaitu Indonesia (menguasai 73 persen wilayah), Malaysia (menguasai 26 persen wilayah), dan Brunei Darussalam (menguasai 1 persen wilayah).

Irlandia

Dengan luas mencapai 81.638 kilometer persegi, Irlandia adalah pulau di lepas pesisir barat benua Eropa. Di bagian baratnya adalah Samudera Atlantik, dan di bagian timurnya adalah pulau Britania Raya.

Pulau Irlandia terbagi atas 2 bagian utama, yaitu Republik Irlandia (juga disebut Irlandia, terbagi atas 26 county, beribukota di Dublin, menguasai 83 persen wilayah), dan Irlandia Utara (beribukota di Belfast, terdiri atas 6 county dan merupakan bagian Britania Raya, menguasai 17 persen wilayah).

Hispaniola

Pada 5 Desember 1492, Christopher Columbus tiba di pulau ini, dan menamainya La EspaƱola.

Hispaniola (dari kata Spanyol; La EspaƱola) adalah pulau terbesar kedua di Laut Karibia, setelah Kuba. Pulau itu memiliki luas daratan 73.929 kilometer persegi, dan dibagi atas dua negara, yaitu Haiti (menguasai 35 persen wilayah) dan Republik Dominika (menguasai 65 persen wilayah).

Tierra del Fuego

Terletak di ujung selatan Benua Amerika, Tierra del Fuego adalah pulau seluas 47.992 kilometer persegi yang terpisah dari Benua Amerika oleh Selat Magellan. Kepulauan itu dinamai demikian oleh Ferdinand Magellan, orang Eropa pertama yang melintasi perairan kepulauan tersebut pada tahun 1520. Ushuaia, kota paling selatan di dunia, terletak di pulau itu.

Tierra del Fuego dimiliki dua negara, yaitu Chili dan Argentina. Dalam pembagian wilayah, Chili menguasai 56 persen, dan Argentina memiliki 44 persen.

Timor

Timor adalah pulau di bagian selatan Indonesia. Nama Timor diambil dari kata “Timur”, bahasa Melayu untuk arah timur. Dinamai seperti itu, karena pulau Timor terletak di ujung timur rantai kepulauan Nusantara.

Dengan luas 28.418 kilometer persegi, pulau Timor dikuasai oleh Timor Leste dan Indonesia. Secara persentase, Timor Leste menguasai 47 persen wilayah, sedangkan Indonesia menguasai 53 persen wilayah.

Cyprus

Cyprus adalah satu-satunya pulau di dunia yang memiliki status politik sangat rumit. Secara de jure, pulau ini dimiliki oleh Republik Cyprus (yang meguasai 97 persen wilayah) dan Britania Raya (yang menguasai 3 persen wilayah).

Tetapi, secara de facto, di pulau ini terdapat Turkish Republic of Northern Cyprus (yang menyita 36 persen dari luas pulau, dan hanya diakui oleh Turki), dipisahkan oleh sebuah UN buffer zone (yang menyita 1 persen wilayah), kemudian ada pula wilayah yang dikontrol oleh Republik Cyprus (61 persen), dan wilayah yang dikontrol oleh Britania Raya (2 persen).

Dulu, ketika masih menjadi wilayah jajahan Britania Raya, Cyprus akan diberikan kepada Yunani. Tetapi, minoritas rakyat Turki menolak. Akhirnya kompromi disepakati, dan pada 1959 didirikan negara Cyprus merdeka.

Meski begitu, kedua pihak masih belum puas. Sampai akhirnya, pada 1974, sebuah kelompok yang menginginkan persatuan dengan Yunani mengadakan kudeta, yang dibalas dengan invasi Turki. Semenjak itu, Turki menduduki wilayah utara, yang dikenal dengan nama Turkish Republic of Northern Cyprus. Turkish Republic of Northern Cyprus adalah negara yang secara de facto merdeka, tetapi tidak satu pun negara anggota PBB yang mengakui kedaulatannya, kecuali Turki.

Sebatik

Sebatik adalah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Secara administratif, pulau Sebatik dibagi menjadi dua bagian. Wilayah sebelah utara dengan luas 187,23 kilometer persegi masuk wilayah Malaysia, sedangkan sebelah selatan dengan luas 246,61 kilometer persegi masuk wilayah Indonesia.

Secara persentase, Indonesia menguasai 57 persen wilayah, dan Malaysia memiliki 43 persen wilayah.

Usedom

Usedom adalah pulau di Laut Baltik, yang dikuasai oleh Jerman (79 persen wilayah) dan Polandia (21 persen wilayah). Orang Jerman menyebutnya Usedom, sedangkan orang Polandia menyebutnya Uznam.

Pulau itu memiliki luas wilayah 445 kilometer persegi, dengan jumlah populasi 76.500 jiwa. Sekitar 373 kilometer persegi dengan 31.500 jiwa berada di sisi Jerman, dan sisanya 72 kilometer persegi dengan  45.000 jiwa berada di sisi Polandia.

Saint Martin

Saint Martin adalah pulau tropis di timur Laut Karibia, terletak sekitar 300 kilometer (186 mil) di sebelah timur Puerto Rico. Pulau itu memiliki luas 87 kilometer, dan dibagi dua antara Prancis (61 persen wilayah) dan Belanda (39 persen wilayah).

Kataja-Inakari

Kataja-Inakari adalah titik paling timur di Swedia. Lokasinya di sebelah selatan Haparanda, kota paling timur di Swedia, dan terletak di Teluk Bothnia di Laut Baltik. Luasnya 0,71 kilometer, dengan panjang sekitar 2 kilometer dan lebar antara 200-500 meter.

Semula, Kataja-Inakari adalah dua pulau yang terpisah, yaitu Pulau Kataja (yang berada di wilayah Swedia) dan Pulau Inakari (yang ada di wilayah Finlandia). Sejak tahun 1809, efek post-glacial rebound menyebabkan permukaan tanah—yang sebelumnya tertutup air laut—naik dan akhirnya menggabungkan kedua pulau itu menjadi satu daratan pulau baru. Karenanya, pulau yang kemudian disebut Kataja-Inakari itu pun dikuasai oleh dua negara, Swedia dan Finlandia.

MƤrket

MƤrket adalah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di Teluk Bothnia di Laut Baltik, dimiliki oleh Swedia dan Finlandia. Pembagian wilayah pulau itu dilakukan pada tahun 1809 melalui Treaty of Fredrikshamn yang menentukan garis perbatasan antara Swedia dan Rusia (yang menguasai Finlandia sejak abad ke-18 hingga 1917). Hasilnya, Finlandia menguasai 50 persen wilayah, dan Swedia menguasai 50 persen sisanya.

Daratan paling barat Finlandia berada di pulau ini. Dengan panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 150 meter, serta luas wilayah sebesar 0,03 kilometer persegi, MƤrket adalah pulau terkecil di lautan yang dimiliki oleh dua negara.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Geografi 4842442602875868289

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item