Benarkah Pria Lebih Pelupa Dibanding Wanita?

Ilustrasi/atmago.com
Pepatah terkenal menyatakan, “Wanita tidak pernah melupakan segalanya.” Meski pepatah itu mungkin terdengar berlebihan, tapi tampaknya memiliki unsur kebenaran. Karena, berdasarkan penelitian, kenyataannya pria lebih pelupa dibanding wanita, atau wanita memiliki daya ingat yang lebih baik dibanding pria.

Jostein Holmen, profesor di Norwegian University of Science and Technology, Norwegia, menyatakan, “Tidak mengherankan kalau pria lebih mudah lupa daripada wanita. Hal itu sudah diketahui sebelumnya. Yang mengejutkan, pria menjadi pelupa saat berusia 30 tahun maupun 60 tahun.”

Pernyataan itu disampaikannya setelah ia melakukan penelitian bersama timnya, yang melibatkan 48 ribu partisipan untuk melihat kemampuan mereka dalam mengingat sesuatu. Dalam penelitian itu terungkap daya ingat pria lebih buruk dibandingkan wanita. Meski begitu, para peneliti belum bisa menyimpulkan penyebab mengapa pria lebih mudah lupa dibanding wanita.

“Kita telah banyak berspekulasi mengenai penyebab pria lebih banyak mengalami masalah menyangkut daya ingat dibandingkan wanita,” ujar Jostein Holmen, “tetapi kita belum bisa menemukan alasan atau penyebabnya.”

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC Psychology itu, Holmen dan timnya menemukan bahwa masalah memori tidak bertambah seiring berjalannya waktu pada pria maupun wanita, meski kemampuan mereka untuk mengingat sesuatu mengalami penurunan saat partisipan berusia 60-an.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa mereka yang cemas, depresi, atau mempunyai pendidikan yang lebih rendah, cenderung menjadi pelupa. Setidaknya, hal itu ditentukan berdasarkan kemampuan para pria mengingat kembali segala hal yang berkaitan dengan masa lalu.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 7456862270939325816

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item