Mengapa Beberapa Hewan Melakukan Hibernasi?

Ilustrasi/grid.id
Istilah hibernasi berasal dari bahasa Latin, yang berarti “tidur di musim dingin”. Hewan-hewan tertentu melakukan hibernasi selama bulan-bulan musim dingin untuk melepaskan diri dari kondisi cuaca yang berat, dan karena sulitnya mendapatkan makanan pada saat-saat itu.

Meski hewan-hewan hibernator melakukan hibernasi dengan tidur, tapi kondisi tidurnya berbeda dengan tidur biasa. Ketika hewan sedang melakukan hibernasi, mereka tidur nyaris seperti mati. Temperatur tubuhnya berkurang sampai sedikit lebih hangat dari udara di dalam sarangnya.

Karena kondisi itu, proses pembakaran makanan cadangan yang ada di tubuh mereka pun berlangsung sangat lambat. Hewan-hewan itu membutuhkan oksigen lebih sedikit, dan akibatnya pernapasan mereka lebih lambat serta jantung hanya berdenyut lemah. Ketika musim semi tiba, hewan-hewan itu akan terbangun oleh perubahan temperatur, kelembapan, dan oleh rasa lapar.

Meski begitu, ada cukup banyak mamalia, seperti beruang, yang tidak benar-benar melakukan hibernasi. Hewan-hewan tersebut memang tidur lebih sering di musim dingin daripada di musim panas, namun bukan tidur seperti dalam hibernasi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 3610526311006720512

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item