Kapan Hari Paling Pendek di Bumi?

Ilustrasi/okezone.com
Hari paling pendek sepanjang tahun adalah titik balik musim dingin, yaitu tanggal 21 Desember. Ketika belahan Bumi bagian utara miring menghadap ke Matahari, negara-negara yang ada di sebelah utara ekuator mengalami musim panas, sementara negara-negara di sebelah selatan ekuator mengalami musim dingin.

Pada waktu cahaya langsung dari Matahari jatuh di belahan Bumi bagian selatan, daerah itu mengalami musim panas, sementara di belahan Bumi bagian utara mengalami musim dingin.

Ada dua hari dalam setahun ketika siang dan malam sama panjang di seluruh dunia. Kedua hari itu terjadi pada musim semi dan musim gugur, pertengahan antara dua titik balik. Pertama adalah ketika Matahari berada di atas khatulistiwa ekuinoks musim gugur pada bulan September, dan yang lain pada ekuinoks musim semi bulan Maret.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Bumi 723005087242147801

Posting Komentar

  1. hari paling pendek itu berapa jam yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kita heran mendapati adzan maghrib yang sepertinya terlalu awal (lebih awal dibanding biasanya). Kira-kira seperti itu gambaran hari yang pendek, yaitu siang yang lebih cepat dibanding hari-hari biasanya.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item