Fakta-fakta Menarik Seputar Eropa

Ilustrasi/blibli.com
Secara geologis dan geografis, Eropa adalah semenanjung atau anak benua (jazirah), yang pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan perbedaan budaya. Batas wilayah Eropa di bagan utara adalah Samudera Arktik, di bagian barat dibatasi Samudera Atlantik, dan di selatan dibatasi Laut Tengah. Batas timurnya masih belum jelas, karena pemisahan benua ini diawali oleh faktor kebudayaan. Batas yang sering digunakan sebagai batas benua Eropa dan Asia adalah Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.

Benua Eropa memiliki luas 10.600.000 kilometer persegi, dengan populasi sejumlah 799.466.000 jiwa pada tahun 2003, atau seperdelapan dari total penduduk dunia. Dibandingkan benua lain, Eropa sering disebut memiliki peradaban yang lebih maju, sebagaimana negara-negara yang ada di dalamnya. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Eropa yang perlu kita tahu.

Sejarah kebudayaan

Eropa memiliki sejarah kebudayaan dan ekonomi yang panjang, dimulai dari zaman Palaeolitik. Penemuan ribuan batuan hasil buatan tangan di Monte Poggiolo, Italia, diketahui berdasarkan penanggalan karbon telah berusia 800.000 tahun.

Kastil paling banyak

Jerman adalah negara yang berada di Eropa, dengan kastil paling banyak dibanding negara lain. Beberapa kastil yang telah ada sejak zaman lampau sekarang diubah menjadi hotel, namun kebanyakan dihuni orang-orang kaya.

Zaman migrasi

Ada suatu masa dalam sejarah, ketika Eropa menjadi tempat tujuan bermigrasi para penduduk dari berbagai belahan dunia. Di masa itu, secara berangsur-angsur, berbagai suku mendatangi Eropa, hingga perlahan namun pasti benua itu mulai padat penduduk. Mula-mula, yang pertama datang adalah Suku Gemanic, kemudian Suku Slavics, lalu kaum Muslim, diikuti Bulgaria dan Viking.

Berdirinya negara-negara

Banyak negara di Eropa menemukan bentuknya seperti yang sekarang ini pasca-Perang Dunia II. Sejak berakhirnya Perang Dunia II hingga Perang Dingin, Eropa terbagi menjadi dua blok politik dan ekonomi utama, yaitu negara-negara komunis di Eropa Timur dan negara-negara kapitalis di Eropa Barat. Sekitar tahun 1989, Blok Timur pecah, bersamaan dengan jatuhnya Tembok Berlin.

Nama paling panjang

Ada cukup banyak nama yang kurang lazim di Eropa, yang bisa dibilang panjang sekali—jauh lebih panjang dari nama-nama tempat yang biasa kita kenal. Di daerah Wales, misalnya, ada desa yang memiliki nama sampai 58 huruf, yaitu “Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwlllantysiliogogogoch”. Secara harfiah, nama itu memiliki arti “gereja santo Mary di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air cepat di Gereja St. Tysilio dari gua merah”. Itu menjadi nama tempat paling panjang di Eropa, sekaligus di dunia.

Basis kerajaan besar

Banyak kerajaan besar di dunia yang berbasis di Eropa. Pada saat ini, Inggris menjadi kerajaan paling besar di dunia, mencakup seperempat dari permukaan bumi, hingga bisa dibilang matahari tidak pernah terbenam di atasnya, karena selalu bersinar di salah satu bagian kekaisarannya. Selain Inggris, kerajaan terkenal lain yang juga ada di Eropa adalah Rusia, Spanyol, Prancis, dan Romawi.

Laut Mediterania yang kering

Mungkin masih jarang yang tahu bahwa dalam 40 tahun terakhir, laut Mediterania yang ada di Eropa sering mengalami kekeringan, dan kondisi itu disebut krisis salinitas Messinian. Kenyataan itu merupakan salah satu perubahan paling dramatis dari perubahan lingkungan di luar kawasan glacial.

Asal mula Patung Liberty

Meski Patung Liberty berada di Amerika, namun patung itu dibangun di Prancis. Patung terkenal itu dirancang oleh Fredric Bartholdi, dan diberikan Prancis sebagai hadiah persahabatan kepada Amerika Serikat.

Negara terbesar dan terkecil

Eropa memiliki negara-negara yang menjadi negara terbesar dan negara terkecil di dunia. Vatikan adalah negara terkecil yang luas wilayahnya hanya 0,44 kilometer persegi, dan Rusia adalah negara terbesar yang luas wilayahnya mencapai 17.098.242 kilometer persegi. Keduanya ada di Eropa

Keunikan Istambul

Istambul adalah satu-satunya negara yang ada di dua benua sekaligus. Istambul mempersatukan Asia dan Eropa melalui sungai Bosphorus. Karena kenyataan itu, Napoleon Bonaparte pernah menyatakan bahwa jika Bumi adalah negara tunggal, maka Istanbul akan menjadi ibukotanya.

Banyak orang hebat dari Eropa

Bisa dibilang, sebagian orang hebat yang kita kenal hari ini berasal dari Eropa, mencakup para filsuf, pemusik, seniman, hingga ilmuwan. Filsuf besar Plato berasal dari Eropa. Begitu pula Aristoteles dan Socrates. Ilmuwan besar semacam Isaac Newton dan Galileo berasal dari Eropa, begitu pula Albert Einstein. Kemudian, Mozart dan Beethoven juga musisi terkenal yang juga berasal dari Eropa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Geografi 6031442696904463531

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item