Doa Sebelum Makan Menjadikan Makanan Lebih Enak

 Doa Sebelum Makan Menjadikan Makanan Lebih Enak
Ilustrasi/istimewa
Ritual kecil sebelum menikmati makanan dipercaya bisa menimbulkan sensasi lebih enak terhadap makanan yang disantap. Meski mungkin terdengar spiritual, namun kenyataan itu telah diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science.

Dalam studi yang dilakukan psikolog dari Universitas Minnesota, terungkap bahwa ritual sederhana sebelum makan bisa membuat pengalaman makan lebih mengesankan, sekaligus membuat makanan terasa lebih enak.

Dalam studi yang mereka lakukan memang tidak secara spesifik menggunakan doa sebelum makan, namun ritual-ritual kecil lain, semisal menyanyikan lagu Happy Birthday sebelum menyantap kue ulang tahun.

Para psikolog menyebut ritual kecil semacam itu sebagai “kepentingan intrinsik dalam makanan”. Hal itu akan menarik orang dalam pengalaman makan yang tidak biasa, sehingga dapat meningkatkan perasaan positif mereka.

Psikolog Kathleen Vohs, yang melakukan studi tersebut, melakukan percobaan untuk menyelidiki bagaimana perilaku semacam ritual dapat mempengaruhi persepsi dan konsumsi berbagai makanan.

Dia mengumpulkan sekelompok peserta, dan meminta mereka untuk memakan sepotong cokelat setelah diberi petunjuk rinci. Mereka diminta membagi batang cokelat ke dalam dua bagian. Satu bagian dibuka, sementara sisanya dibiarkan tetap terbungkus. Kemudian mereka diminta memakan cokelat yang terbuka.

Setelah itu, dia meminta peserta memakan cokelat yang sama dengan cara apa pun yang mereka inginkan. Hasilnya, cokelat yang dimakan dengan gaya ritual seperti di atas terasa lebih enak bagi para peserta, dibandingkan cokelat yang dimakan dengan cara sesukanya.

Dalam hal yang sama, kita pun bisa menjadikan doa sebelum makan untuk menciptakan sensasi lebih nikmat terhadap makanan yang kita santap.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 5566950232085166926

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item