Apakah Landak Membuat Liang?

Ilustrasi/kompas.com
Meskipun menyukai tinggal di semak hutan dan tanaman rimbun yang lain, namun landak lebih menyukai padang rumput yang rumputnya dipangkas pendek, untuk mencari cacing dan serangga yang merupakan makanan pokok mereka. Dalam bahasa Inggris, landak disebut hedgehog. Hedge pada namanya berarti “tanam-tanaman pendek”.

Landak tidak membuat liang, tetapi membungkus diri dalam kumpulan daun yang padat untuk membentuk sarang hibernasi yang padat di bawah rerimbunan, dan sarang untuk berkembang biak di tempat yang serupa. Kadang-kadang, landak menggulung dirinya seperti bola, dengan duri-duri tegak, untuk melindungi diri dari serangan pemangsa.

Sekadar catatan, hewan lain yang mirip landak adalah porcupine, yaitu mamalia yang tubuhnya juga ditumbuhi duri seperti landak. Seperti landak, porcupine juga menggunakan duri-duri di tubuhnya sebagai upaya pertahanan diri. Porcupine adalah hewan pengerat dengan tubuh besar, kaki relatif pendek, dan termasuk nokturnal atau keluar pada malam hari, serta umumnya herbivora.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 6649544702801478143

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item